KH. Rizali M. Noor

PADANG, Swapena - Jenazah KH. Rizali M. Noor, hakim pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 yang meninggal dunia di Padang,  Sumatera Barat diterbangkan ke Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan untuk dimakamkan di daerah itu. Pemulangan jenazah dilakukan setelah hasil swab yang bersangkutan keluar dan dinyatakan negatif.

Almarhum diterbangkan dari Bandara Internasional Minangkabau  (BIM) dengan menggunakan maskapai Citilink menuju Banjarmasin sore tadi. "Sudah diterbangkan ke kampung halaman beliau  Banjarmasin sore tadi dengan pesawat Citilink. Walau berdomisili selama ini di Manado, Sulawesi Utara, namun kampung beliau di Banjarmasin," kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar, Darwin Tanjung.

Sebelumnya diberitakan seorang anggota dewan hakim pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 meninggal dunia, Minggu (15/11). Ia adalah  KH. Rizali M. Noor (70), hakim pada cabang tilawah golongan anak-anak dan remaja berasal dari Sulawesi Utara.

Informasi yang diperoleh swapena.com, awalnya Rizali M. Noor mengeluhkan sakit. Oleh panitia penyelenggara MTQ ke-28 dilarikan ke Rumah Sakit BMC Padang. Hanya saja Allah berkehendak lain, ia menghembuskan napas terakhir di rumah sakit tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal yang dihubungi swapena.com siang tadi membenarkan KH. Rizali M. Noor meninggal dunia di Rumah Sakit BMC Padang, namun ia tidak mengetahui penyebabnya. 

Jasman menyebutkan saat datang ke Padang, hasil tes kesehatan, termasuk tes Covid-19-nya negatif. "Walau demikian saat ini kembali dilakukan test swab. "Mudah-mudahan sore ini hasilnya keluar. Diburukan," ujar dia.

Dengan hasil swab itu nanti  diketahui tindakan apa yang akan dilakukan terhadap almarhum. Termasuk soal pemakaman, apakah akan dibawa ke Manado, Sulawesi Utara atau lainnya. (sp)

 
Top