Faktual dan Berintegritas

 


PESSEL, Swapena -- Kabupaten Pesisir Selatan merupakan daerah penuh pesona. Ini adalah potensi besar yang perlu dikembangkan.

Setidaknya begitu penilaian Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah ketika melakukan safari Ramadhan di Masjid Jabal Nur Bukik Lintang, Medan Baik, Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang, Pessel, Kamis (29/4). "Daerah ini memiliki potensi pariwisata luar biasa.   Pulau-pulau dan pantai yang cukup menarik da penuh pesona," katanya.


Begitu juga sektor pertanian, Pesisir Selatan termasuk lumbung beras di Sumbar.  Di sektor petenakan sapi, Pessel terkenal dengan rasa daging yang lebih lembut dari jenis sapi lainnya. 

Terkait itu pembenahan irigasi pentig dilakukan. Pada anggaran 2021, tidak kurang Rp40 miliar untuk pembenahan irigasi di kabupaten itu.

"Di samping itu juga ada dari Kementerian Sosial untuk Pessel, akan membenahi 100 unit rumah singgah bagi para nelayan. Sekarang sedang tahap verifikasi," sebut Mahyeldi.

Selain itu, di tahun 2021 ini juga ada 76 penerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar.

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan  masjid untuk membina generasi masa depan. "Ketika kita memberikan perhatian kepada mereka, Insyaallah akan menjadi generasi terbaik yang perlu kita hadirkan dan kita ciptakan guna untuk membangun daerah di Sumatera Barat bagi kepentingan masyarakat," katanya.

Pada kunjungan itu, tim memberikan bantuan, antara lain dari Bank Nagari  Rp10 juta. Kemudian dari Pemerintah Provinsi Sumbar. Rp20 juta. "Semoga cukup dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan Masjid Jabal Nur Bukik Lintang Medan Baik, Kenagarian Kambang ini," tutup Mahyeldi.

Hadir pada safari Ramadhan tersebut, Pj Sekda Pessel Ermida Seswati, Kepala Dinas Sosial Sumbar Jumadi, Kepala Biro Umum Sekda Sumbar, Rosail Akhyari, Kepala Biro Bintal Sumbar, Syaifullah, Kepala Biro Humas diwakili Kabag Analisa Kebijakan dan Media (AKM) Zardi Syahrir, Camat Lengayang, Walinagari Kambang serta pengurus masjid dan tokoh masyarakat setempat. (zs/sp)

 
Top