Faktual dan Berintegritas

 

Menteri PPN, Suharso Monoarfa meninjau rencana pembangunan fly over Sitinjau Lauik. 

PADANG, Swapena - Kabar gembira! Fly over (jalan layang) Sitinjau Lauik bakal segera berwujud. Jika tidak ada halangan, pembangunannya direncanakan dimulai pada 2022 mendatang.

Sebagai bentuk keseriusan penerintah untuk mewujudkan keinginan masyarakat pengguna jalan tersebut, tadi lokasi rencana pembangunan itu ditinjau Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Ia didampingi Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi, Wagub Audy Joinaldy dan sejumlah pejabat lainnya.

Menteri Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan fly over Sitinjau Lauik akan dimulai tahun yang 2022 dan akan selesai selambatnya pada 2024 mendatang.

“Direncanakan pembangunan fly over Sitinjau laut ini akan kita mulai pada tahun 2022 mendatang. Ini adalah kebutuhan masyarakat Sumbar,” ujar Suharso.

Sebelumnya Gubernur Mahyeldi menjelaskan, kondisi jalan di kawasan Sitinjau Lauik Kota Padang, terkenal dengan jalan yang terjal serta berliku sehingga rawan terjadi kecelakaan. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang berkepanjangan, Pemprov Sumbar mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Kemenko Marves agar dibangun sebuah fly over.

Menurut gubernur, fly over adalah solusi yang tepat untuk menangani persoalan rawan kecelakaan di kawasan  Sitinjau Lauik tersebut. Setidaknya fly over sepanjang 2,6 km itu bisa memberikan jalan alternatif bagi setiap kendaraan untuk melakukan perjalan ke Kabupaten Solok dan provinsi-provinsi lain di wilayah Selatan Sumatera. 

“Direncanakan titik pertama pembangunan fly over setelah melewati perusahaan PT Semen Padang (Indarung). Dari sana, akan melingkar ke arah kanan yang di sebelah kanan itu ada jurang, makanya butuh flyover,” terang Mahyeldi. (sp)

 
Top