Faktual dan Berintegritas

 

Afriadi 

PADANG, Swapena -- Sebanyak sepuluh keluarga tidak mampu akan bermalam di Rumah Dinas Wali Kota Padang. Kesepuluh keluarga digilir selama bulan Ramadan ini. Selain bermalam, keluarga ini juga akan merasakan berbuka dan sahur bersama Wali Kota Padang. 

“Ada sepuluh keluarga yang sudah kita tetapkan sebagai keluarga terpilih yang akan menginap semalam di Rumah Dinas Wali Kota Padang,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi, Selasa (13/4). 

Sepuluh keluarga yang menginap di Rumah Dinas Wali Kota Padang masuk ke dalam program “Semalam di Palanta”. Program ini menggantikan program sebelumnya, yakni “Singgah Sahur”. 

“Program ini terbilang baru, jika di program sebelumnya Wali Kota yang mendatangi rumah keluarga tidak mampu, kali ini keluarga tidak mampu yang menginap di Rumah Dinas Wali Kota,” kata Afriadi. 

Dijelaskannya, sepuluh keluarga tidak mampu ini sebelumnya merupakan usulan dari seluruh camat. Kemudian, Dinas Sosial, Baznas, beserta Bagian Pemerintahan melakukan survey ke rumah yang sudah diusulkan. Dalam survey itu juga ikut TKSK, Babinsa, Babinkamtibmas, dan unsur lainnya. 

“Setelah kita survey, sebanyak 15 keluarga di 10 kecamatan masuk ke dalam bidikan kita. Namun akhirnya setelah dikerucutkan, menjadi 10 sepuluh keluarga saja,” sebut Afriadi. 

Dikatakannya, terdapat sejumlah kriteria dalam menetapkan keluarga tidak mampu yang akan bermalam di Rumah Dinas Wali Kota. Diantaranya seperti keluarga miskin, tidak memiliki rumah sendiri, atau memiliki tanah sendiri dan tidak bermasalah. Nantinya rumah akan dibangun di atas tanah tersebut. 

“Jika tanah tersebut ada sertifikatnya, tentu akan memudahkan kita untuk membangun rumah di atasnya. Paling tidak, keluarga tersebut memiliki surat keterangan kepemilikan atau keterangan dari orangtua,” tutur Afriadi. 

Saat ini Pemko Padang tengah memilih sepuluh keluarga dari lima belas keluarga yang diusulkan untuk bedah rumah. Nama-nama keluarga tersebut sudah berada di meja Wali Kota Padang. 

Program “Semalam di Palanta” terbilang unik. Keluarga tidak mampu akan berbuka, salat tarawih dan sahur bersama keluarga Wali Kota Padang di Rumah Dinas Wali Kota Padang di jalan A. Yani. Pagi harinya, Wali Kota Padang akan mendatangi rumah keluarga tidak mampu yang akan dibedah.(Ch)

 
Top