Faktual dan Berintegritas


PAINAN, Swapena -- Sebanyak 100  paralayang dari berbagai daerah di Sumatera Barat akan unjuk kemampuan dalam Festival Paralayang Pesona Langkisau di Bukit Langkisau, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat 12-13 Juni depan. Bukit ini memiliki ketinggian hingga 400 meter dengan pemandangan luar biasa ke berbagai arah.

Ketua Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) Pesisir Selatan Iqbal Rama Dipayana, mengatakan “Festival Paralayang Pesona Langkisau ini juga untuk melihat jesiapan atlet paralayang Sumatera Barat jelang  Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021,” ujar Iqbal, Senin (7/6).

Lokasi peluncuran di bukit Langkisau adalah bukit berumput, 250 meter di atas permukaan laut dengan arah lepas landas menghadap ke Samudera Hindia yang indah. Lokasi pendaratan utama terletak di Pantai Salido, tepat di bawah lokasi lepas landas. Situs pendaratan menawarkan target besar dan lunak yang dapat dengan mudah dijangkau, bahkan oleh siswa pemula. 

Selain pemandangan panorama yang indah, keuntungan utama terbang di Bukit Langkisau adalah memungkinkan untuk mencatat hingga 5, 6 atau 7 penerbangan sehari. Dengan perjalanan singkat 20 menit dari pantai, bisa kembali ke Bukit Langkisau untuk mempersiapkan penerbangan berikutnya. 

Acara ini adalah merupakan gagasan pikiran Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Muhayatul,SE,M.Si  bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar dan  Dinas Pariwisata Pesisir Selatan sebagai tuan rumah.

Untuk kesuksesan iven yang digelar dimasa pandemi tersebut, Muhayatul, SE, M.Si berkoordinasi dengan tim satgas penanganan covid-19 dan Kapolres Pesisir Selatan. Selain itu acara ini tanpa Penonton, juga dapat disaksikan secara Live  di platform media sosial Youtube  Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Atau Facebook.

"Kegiatan ini dalam sebagai ujicoba bagi atlet paralayang untuk persiapan PON Papua 2021. Selain itu juga dalam rangka mempromosikan pariwisata dan menggerakan perekonomian daerah setempat sehingga diharapkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan. Jika ingin pengalaman paralayang yang tak terlupakan, Ayo datanglah ke bukit Langkisau," ucap Muhayatul. (kmf)

 
Top