Faktual dan Berintegritas


MANINJAU, Swapena -- Melalui perjuangan panjang yang melelahkan, akhirnya bus pariwisata Gracias berhasil keluar dari kawasan Kelok 44, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Bus asal Bandung itu kini sudah berada di Maninjau.

Informasi yang diperoleh swapena.com, bus yang sudah hampir seminggu terjebak di kawasan Kelok 44 itu berhasil keluar sekitar pukul 05.00 WIB, Kamis (10/6). Proses evakuasi atau keluarnya penuh dengan perjuangan luar biasa, yakni maju mundur berkali-kali di setiap tikungan.

Bus dengan nomor polisi D 7644 AS itu sudah hampir seminggu berada di kawasan Kelok 44, yakni sejak 4 Juni 2021, lantaran tak bisa lewat akibat jalan sempit dan tikungan ekstrem. Awalnya bus terjebak di Kelok (tikungan) 14, tak bisa maju dan juga tak bisa mundur. 

Setelah melalui perjuangan berat dan melelahkan, bisa begerak menuju Maninjau. Sayangnya sampai di Kelok 10 kembali tasakek. Sama dengan tikungan-tikungan sebelumnya, bus tak bisa maju dan mundur.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Apriwandi seperti dikutip katasumbar membenarkan bus tersebut telah berhasil meninggalkan kawasan Kelok 44 sekitar pukul 05.10 WIB, Kamis (10/6).

“Saat ini posisinya sudah keluar dari sana, sudah di Simpang Muaro Pisang Maninjau,” ujar dia.

Menurut Apriwandi setelah lepas dari Kelok 10, bus tersebut juga masih kesulitan melewati setiap tikungan. Hal itu dikarenakan bus yang panjangnya mencapai sekitar 14 meter. Sedangkan peruntukan jalan dan tikungan hanya bisa dilalui kendaraan maksimal panjang 9 meter. (sp)

 
Top