Faktual dan Berintegritas

 

Nawra diapit ayah dan ibunya. 

SOLOK, Swapena -- Usianya baru 16 tahun, tetapi hafalan Alquran-nya sudah 20 juz. Nawra Fazilatun Nisa, itulah namanya. Remaja kelahiran 26 Mei 2005 ini, baru saja menyelesaikan pendidikan di MTsM Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada 2021 ini.

Keinginannya untuk melanjutkan pendidikannya ke SMAN 1 Sumatera Barat di Padang Panjang, pun terwujud. Ia diterima lewat jalur prestasi (asrama), yakni jalur tahfiz. Hafalannya yang 20 juz memudahkan langkahnya untuk menuntut ilmu di SMA favorit tersebut. Apalagi sejumlah prestasi lain ikut mengiringi prestasinya sebagai penghafal Alquran.

“Saya sangat ingin masuk SMAN 1 di Padang Panjang ini,”  jelas Nawra Fazilatun Nisa sebagaimana dikutip Singgalang. 

Nawra bukan hanya berprestasi di bidang tahfiz, prestasi akademiknya juga tidak diragukan. Sejak masuk sekolah, gelar juara 1 atau juara umum selalu dalam genggamannya. Pada 2017, dia meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Agama tingkat Kabupaten Solok. Lalu, Juara 3  Olimpiade Matematika, juara 2 tahfiz tingkat kecamatan.

Sementara pada 2018, Nawra meraih juara 1 tahfiz tingkat SD se-Nagari Saniangbaka. Pada 2019 ia meraih juara 2 tahfiz tingkat Kabupaten Solok yang digelar MAM Saningbaka.

Sedangkan pada 2020, ia berhasil meraih juara 1 tahfiz putri tingkat Salingka Danau Singkarak di Paninggahan. Salingka Danau ini meliputi Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

“Selama berada di MTsM Saniangbaka, Nawra selalu meraih juara 1 dan juara umum dari kelas VII hingga kelas IX,” ujar Kepala MTsM Saniangbaka, Reginal Maukar.

Jadi, bukan hanya prestasi non akademik berhasil dicatatkannya, prestasi di bidang akademik pun tidak diragukan lagi. Wajar jika keinginannya untuk masuk SMAN 1 Padang Panjang melalui jalur prestasi berjalan mulus.

Anak pertama dari empat bersaudara buah cinta pasangan Irfan Hamda - Defitra ini memiliki hobi membaca. Kemampuannya menghafal 20 juz Alquran tidak terlepas dari keinginan kuatnya dalam membaca dan menghafal ayat demi ayat, setiap saat.

“Insyaallah bisa hafal 30 juz,” harap Nawra yang kini juga mulai memperlancar kemampuan bahasa Inggrisnya di Ukhuwah English Course (UEC) Sumani. 

Dia baru bergabung sebulan terakhir. Harapannya begitu tahun ajaran 2021/2022 dimulai, ia sudah memiliki kemampun dasar bahasa Inggris, sehingga ketika berada di SMANSA Papa (SMAN 1 Padang Panjang) ia mampu mengembangkan kemampuannya lebih mantap lagi. (waitlem)


 
Top