Faktual dan Berintegritas

 

Sesri, S.KM, M.KM

LUBUK BASUNG, Swapena -- Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Agam, Sesri, S.KM, M.KM mengimbau seluruh anggotanya untuk mengutamakan keselamatan diri dan pasien selama masa pandemi Covid-19.

“Kawan-kawan bidan diharapkan tetap menjaga keselamatan selama pandemi Covid-19 dengan cara penerapan ketentuan protokol kesehatan saat bertugas,” kata Sesri, Jumat (9/7).

Menurut dia, kasus penyebaran Covid-19 beberapa waktu terakhir kembali menunjukkan peningkatan. Untuk itu, selama masa pandemi maupun ke depan para bidan diharapkan juga mengutamakan keselamatan ibu hamil dan balita dari ancaman Covid-19.

Kontak fisik pada aktivitas kebidanan tidak bisa dihindari selama masa pandemi. Hal tersebut menjadi tantangan bagi bidan sebagai tenaga pendukung di garda terdepan. Saat pandemi ini tugas para bidan makin berat dan penuh tantangan, pelayanan secara kontak fisik dengan pasien tak bisa dihindari. "Untuk itu penerapan protokol kesehatan menjadi sangat penting," katanya.

Peran bidan sangat penting di tengah-tengah masyarakat, terutama pada pelayanan kesehatan ibu saat hamil, melahirkan hingga menyusui harus terpantau dan ditangani dengan baik dan hati-hati.

Di tengah pandemi saat ini, kesehatan ibu hamil harus benar-benar terjaga, baik dari asupan yang dimakan sehari-hari hingga perilaku sehat di saat pandemi. Karena itu, pihaknya mengharapkan para bidan untuk dapat selalu memantau perkembangan kondisi kesehatan ibu hamil minimal melalui konsultasi secara online. (msd)

 
Top