Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena -- Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy berjanji mengupayakan pembangunan dua ruas jalan di Galugua, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, menggunakan dana pusat. Jalan itu saat ini masih sulit dilewati karena terisolir.

"Pembangunan dua ruas jalan itu masing-masing Galugua-Pangkalan dan Galugua-Pasaman, sudah menjadi prioritas dan diperkirakan membutuhkan anggaran yang cukup besar mencapai Rp555 miliar," kata Wagub Audy saat meninjau kondisi daerah terisolir di Kabupaten Limapuluh Kota itu, Kamis (1/7).

Dikatakannya, jika mengandalkan dana provinsi dan kabupaten untuk pembangunan jalan itu, akan butuh waktu lama hingga bertahun-tahun, karena keterbatasan anggaran. Solusinya adalah mengupayakan dana pusat melalui Bappenas.

Potensi ekonomi yang ada di Galugua, katanya, cukup bagus, terutama komoditi gambir dan jagung dengan luas lahan lebih dari 25 hektare. Ini diyakini bisa menjadi alasan yang bagus untuk diajukan ke Bappenas agar bisa dibantu.

"Kalau kita hanya mengandalkan bahwa ini daerah terisolir dengan 750 KK mungkin agak sulit untuk meminta bantuan. Karena kebutuhan anggaran yang sangat besar, kita harus cari dasar pertimbangan lain yang lebih memungkinkan, salah satunya potensi ekonomi daerah yang sangat besar di Galugua," katanya.

Dengan alasan yang tepat, diyakini Bappenas akan mengulurkan bantuan pembangunan dua ruas jalan tersebut.

Audy mengatakan, pada kunjungan itu ia telah langsung mengambil data pendukung, foto dan video yang akan disampaikan secepatnya ke Bappenas. “Sayang saat ini penyebaran Covid-19 di Jakarta sangat tinggi. Setelah kondisi agak kondusif kita langsung ajukan ke pusat," katanya.

Wakil Bupati Limapuluh Kota Riski Kurniawan Nakasari mengatakan, pembangunan jalan di Galugua sudah menjadi cita-cita masyarakat dan pemerintah daerah. Namun karena anggaran yang sangat terbatas maka belum kunjung terealisasi.

"Kita mengajak Wakil Gubernur untuk meninjau langsung ke lokasi melihat kondisi ril di lapangan dengan harapan mendapat dukungan provinsi dan pusat dalam hal pembangunan jalan ini," katanya. (ys)

 
Top