Faktual dan Berintegritas

Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada seluruh produsen obat Covid-19 di Indonesia agar tidak memainkan harga jual di pasar. Ia bahkan mengancam akan merazia gudang-gudang obat tersebut apabila terjadi kenaikan harga atau kelangkaan obat dalam tiga hari ke depan.

"Apabila dalam tiga hari ke depan kami masih mendapatkan harga obat-obatan cukup tinggi, atau terjadi kelangkaan maka kami akan mengambil langkah-langkah tegas dengan merazia seluruh gudang-gudang mereka yang sudah kami identifikasi keberadaannya," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7).

Terkait itu, Menko Marves tersebut minta Kapolri untuk mengawasi dan patroli pada gudang-gudang obat. "Saya minta Polri, dalam hal ini ada Polda untuk melakukan patroli terhadap gudang-gudang obat yang sudah kita punya datanya. Paling lambat saya ulangi hari Rabu, Kamis tidak boleh terjadi kelangkaan," tegas Luhut.

Ia mengakui banyak produsen obat yang masih mengambil untung dengan cara menaikkan harga obat dari harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah. Padahal dari HET tersebut, para penjual obat juga sudah untung. 

Karenanya, ia juga mengetuk pintu hati produsen obar agar tidak mengambil keuntungan besar dari derita dan kesulitan masyarakat. (*/detikcom)

 
Top