Faktual dan Berintegritas


PARIAMAN, Swapena --  Setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid tahun 2020 lalu, Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2021 ini kembali digelar dengan prokes ketat. Jambore ke-18 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Rabu (7/7).

Dalam sambutannya, Audy selaku Wakil Ketua Pembina TP.PKK Sumbar menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini banyak manfaatnya, terutama dalam rangka pembinaan dan penguatan institusi keluarga.

Ini juga merupakan momentum untuk menjalin keakraban sesama kader dan juga bentuk lain penyebaran informasi dan sosialisasi tentang Covid-19 dan vaksinasi.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, meski ditengah pandemi asal diperhatikan prokesnya. Selaku Wakil Dewan Pembina PKK Sumbar, saya ingin agar PKK bisa berkontribusi dalam perwujudan kesejahteraan keluarga. Kami tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus kerjasama dengan semua stakeholder, termasuk PKK.
Apalagi soal stunting, kemiskinan dan covid, Sumbar cukup tinggi. Kader PKK jarus bisa jadi agen perubahan, jadi corong bagi masyarakat untuk menangkal hoax tentang covid dan vaksin," ujar Audy.

Selaras dengan Wagub, Ketua TP. PKK Sumbar, Ummi Harneli Mahyeldi, sebelumnya juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, kegiatan Jambore ini bisa memberikan semangat pada kader untuk mensosialisasikan pada masyarakat tentang bahaya covid.

"Terimakasih kepada Kota Pariaman yang sudah menyiapkan acara yang luar biasa ini. Belajar dari Pariaman yang berada di zona kuning, mudah-mudahan kader PKK juga bisa mewujudkan dirinya sebagai pelopor perubahan. Itulah bukti bahwa kader PKK itu peduli dan Alhamdulillaah salah satu wujud kepedulian kader PKK hingga dasawisma berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp500 Juta untuk Palestina," kata Ummi.

Walikota Pariaman Genius Umar juga berharap, melalui Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang mengusung tema mewujudkan keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju, ini kader PKK bisa jadi motor penggerak perekonomian keluarga dan mengurangi pandemi covid di Sumbar.

Jambore dibuka secara resmi oleh Wagub ditandai dengan pemukulan gandang tabuah bersama dengan Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK Sumbar, Walikota dan Wakil Walikota Pariaman serta Ketua dan wakil ketua TP.PKK Kota Pariaman.

Tampak hadir dalam jambore ini sejumlah kepala daerah, diantaranya Bupati Solok, Bupati Padang Pariaman, Bupati Pasaman Barat, Bupati Pasaman, Bupati Tanah Datar, Wakil Walikota Sawahlunto, dan Wakil Bupati Solok Selatan.

Usai pembukaan, Wakil Gubernur bersama kepala daerah lainnya melakukan penanaman bibit pohon pinago di pantai Gandoriah.

Dalam Pembukaan Jambore PKK ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar juga menyerahkan bantuan sebesar Rp30 juta. (kmf)
 
Top