Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena -- Pelajari tentang fungsi alat kelengkapan dewan dan tata cara administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Ketua dan Anggota dewan DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai berkunjung ke DPRD Sumbar, Selasa (21/9). 

Ketua DPRD Kepulauan Mentawai, Yosep didampingi anggota dewan, yaitu Nelson Sakarebau, Ibrani Sababalat, Julius Tairarak, Raisyidin Syaiful dan sekretaris DPRD Mentawai. 

Yosep mengatakan kedatangan mereka bertujuan untuk mempelajari bagaimana memaksimalkan fungsi alat kelengkapan dewan (akd) di lembaga kedewanan. Sehingga kewajiban dan kewenangan bisa terlaksana dengan baik. 

"Yang paling utama kami ingin mempelajari tentang tata cara administrasi di sekretariat DPRD sesuai aturan perundang-undangan. Ini penting demi menghindari kesalahan yang bertentangan dengan peraturan," ujarnya. 

Kunjungan Ketua dan anggota dewan DPRD Mentawai diterima Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis didampingi Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi pengaduan dan penganggaran, Delvi. 

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris DPRD Sumbar Raflis menerangkan sistem administrasi keuangan, baik menyangkut masalah perjalanan dinas, maupun untuk lainnya.

"Kita di DPRD Sumbar selalu mengikuti arahan dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dalam melaksanakan administrasi keuangan, dan mengacu aturan Mendagri serta undang-undang lainnya dalam administrasi tata kelola kelembagaan, sehingga semua berjalan tanpa ada kendala," ulas Raflis.

Raflis juga menambahkan selain sistem administrasi harus dipastikan berjalan baik, semua pihak  yang terlibat didalamnya juga harus melaksanakan secara profesional dengan mengacu pada etika yang ada.

"Kita tegaskan pada semua jajaran di sekretariat DPRD Sumbar ini, agar melaksanakan kerja secara profesional sesuai aturan dan mekanisme yang ada. Namun tetap juga mempergunakan etika, sehingga tidak ada yang merasa terabaikan dan tersinggung, dengan etika itu pula kita bisa melihat skala prioritas," tambah Raflis.

Usai melakukan kunjungan ke ruangan sekretaris DPRD Sumbar, selanjutnya rombongan pimpinan DPRD kepulauan Mentawai melakukan kunjungan ke ruangan ketua komisi 1 DPRD Sumbar Syamsul Bahri.

Di ruangan ketua komisi 1, rombongan juga mendapat berbagai masukan, khususnya sistem lobi politik, guna pembangunan daerahnya.(T2)

 
Top