Faktual dan Berintegritas


PADANG PARIAMAN, Swapena -- Wakil Gubernur (wagub) Sumbar, Audy Joinaldy serahkan mesin tempel 15 PK pada 53 kelompok nelayan Pasie Katapiang, Batang Anai, Padang Pariaman, Kamis (16/9).  

"Pemberdayaan dan penyejahteraan nelayan merupakan bagian dari program unggulan Pemprov Sumbar.  Pemberian bantuan mesin ini kami harapkan bisa membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan di Pasie Ketaping," ujar Audy di depan para nelayan uang mewakili penerimaan mesin itu dan disaksikan pula oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur. 

Pada kesempatan itu, Audy juga menyampaikan terima kasih pada Anggota DPRD Sumbar asal dapil Padang Pariaman-Pariaman, M. Nurnas yang telah memperjuangkan realisasi penyaluran mesin tempel tersebut. 

"Terima kasih Cak Nurnas yang  telah memberikan pokok-pokok pikiran kedewanannya sebagai menjadi penguatan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumbar dalam bentuk bantuan mesin tempel 15 PK pada nelayan," ujar Audy. 

Setelah menyerahkan bantuan tersebut pada nelayan, Audy juga sempat mengunjunhi Balai (pasar) Pasie Kataping. Dia mengapresiasi kebersihan dan keteraturan pasar tersebut. Kondisi pasar yang bagus, menurut dia, akan mengefektifkan transaksi jual beli di pasar dan tentunya akan memacu perkembangan ekonomi di daerah itu. 

Terkait pasar tersebut, M. Nurnas mengatakan, kondisi Balai Pasie Kataping sebagai hasil spontanitas masyarakat menghadapi pandemi. Areal pasar yang berada di ruang terbuka seperti Balai tersebut dinilai lebih terjamin keamanannya dari penyebaran covid 19. 

"Tanah tempat pasar ini berdiri adalah tanah publik. Para pedagang awalnya spontan berjualan di sini. Pembeli pun banyak berdatangan setiap hari karena di sini dijual kebutuhan lengkao, persis seperti pasar yang sudah permanen," papar Nurnas.

Di pasar itu,  Audy terlihat menikmati Balai Pasie Katapiang dan berdialog dengan pedagang ikan dan pedagang sayur mayur. 

"Bagus balainya, bersih pasarnya, apalagi  terjadi karena spontan pembeli dan pedagang, masa pandemi ini memang harus dihadapi dengan kreatifitas kita semua," ujar Audy. (t2)

 
Top