Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, SWAPENA -- Sebanyak dua truk bantuan kemanusiaan kembali diberangkatkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar untuk korban gempa Pasaman Barat, Senin (14/3). Bantuan sebanyak itu dilepas Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat. 

Wagub Audy Joinaldy di kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada ACT. "Sembari mengibarkan bendera ACT “Bismillah, dengan ini saya lepas bantuan kemanusiaan ACT menuju Pasaman Barat” katanya.

Kepala Cabang ACT Sumbar Aan Saputra mengatakan, bantuan hari ini ada dua truk. Satu truk telah lebih dulu diberangkatkan yang berasal dari Pemerintahan Nagari Koto Tangah, Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung menuju Posko ACT di Malampah, Kabupaten Pasaman dan satu truk lagi yang hari ini hadir di halaman kantor gubernur merupakan gabungan dari semua donatur ACT baik dari organisasi komunitas, korporat, sekolah, masjid, dan doantur kolektif publik.

"Alhamdulillah pagi ini kita selesai melepas secara seremonial bantuan kemanusiaan ACT yang terdiri dari beras, mie instan, sereal gandum, pakaian baru, kebutuhan bayi, perlengkapan tidur seperti karpet, kasur, selimut, bantal dan guling, lampu emergency, terpal untuk tenda dan lainnya,” jelasnya.

Bantuan ini adalah serangkaian implementasi amanah donasi yang terus mengalir dari para dermawan setelah sebelumnya pada hari kejadian ACT memberangkatkan tim rescue dan medis kemudian pada 2 Maret kembali memberangkatkan satu truk bantuan yang didominasi bahan pangan.

Perwakilan Ikatan Perantau Minang dari luar negeri seperti Hamburg Jerman dan Melbourne Australia juga ikut mengirimkan bantuan untuk Pasaman Barat dan Pasaman berupa tandon air, selimut, bahan makanan dan pakaian baru. (yan)

 
Top