Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, SWAPENA -- Dua puluh hari menjelang Ramadhan, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar Sumatera Barat mulai melonjak. Salah satu di antaranya adalah harga cabai merah yang sudah menembus angka Rp50.000 per kilogram.

Naiknya harga menurut pedagang banyak sedikitnya karena pola musiman, menjelang masuk bulan Ramadhan. Namun demikian, harga tersebut bisa saja turun dengan cepat, jika pasokan yang masuk dalam jumlah lebih banyak.

"Saat ini pasokan masih stabil, sehingga tak ada terlihat harga akan turun," kata salah seorang pedagang, di Pasar Raya Padang, Senin (14/3).

Ia mengatakan, akibat harga yang naik cukup tinggi, membuat ibu-ibu rumah tangga melakukan penghematan belanja. Mereka paling banyak membeli seperempat kilogram saja, dari pembelian sebelumnya setengah kilogram.

"Ini terkait juga dengan turunnya daya beli masyarakat, akibat naiknya harga kebutuhan lainnya. Sebutlah bawang merah, cabai rawit, dan lainnya," tambahnya.

Terkait bawang merah, harganya kini juga sudah ada yang di atas Rp30.000 per kilogram. Paling murah yang berukuran kecil dijual dengan harga Rp20.000 per kilogram.

"Ini menambah deret panjang menurunnya daya beli masyarakat. Sementara di sisi lain, pendapatan tidak kunjung bertambah, akibat dari perekonomian yang belum membaik," kata Uci, salah seorang ibu rumah tangga. (hn)

 
Top