Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Perhelatan Cerdas Quran Padangtv tingkat Sumatera Barat berlangsung meriah dan Sukses. Grand Final yang digelar di Aula kantor Gubernur Sumbar Jumat (25/3) tersebut berakhir dengan tampilnya utusan Kabupaten Agam SMP IT Almadhani sebagai juara untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama. Sedangkan untuk Tingkat Sekolah Dasar juara pertama direbut oleh SD IT Mutiara Kota Pariaman.

Jalannya perlombaan grand final yang berlangsung sejak pagi hari tersebut cukup sengit dan merata. Puluhan pertanyaan seputar Alquran dan Pendidikan Agama Islam yang diberikan dewan juri, dilahap oleh seluruh peserta yang merupakan juara perwakilan dari kabupaten/kota di Sumbar.

Berbeda dari babak penyisihan, pada babak grand final ini baik tingkat SD dan SMP jalannya perlombaan terlihat sengit. Saling kejar poin adu cepat dan adu tepat mewarnai lomba yang diikuti anak-anak penghafal alquran tersebut.

Suasana kian semarak dengan dukungan suporter yang merupakan guru dan orang tua siswa-siswi peserta Cerdas Quran.  Tak kalah heboh, pendukung puluhan peserta grand final yang berasal dari daerah juga tersambung secara langsung melalui link zoom.

"Acara yang luar biasa, anak-anak ini adalah kekayaan dan aset kita di Minangkabau. Penguasaan mereka terhadap kandungan Alquran dan ilmu agama, tentunya buah dari pendidikan karakter yang dilakukan secara serius," terang Wakil Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau LKAAM Sumbar Syafrizal Ucok.

Lebih jauh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi ini juga mengapresiasi apa yang kegiatan Padangtv tersebut. "Iven Cerdas Quran yang digelar Padangtv ini wajib kita dukung dan kita gelar secara berkelanjutan. Ini adalah sebagai ajang bagi penghafal Qur'man atau hafiz untuk mengaktualisasikan diri dan ajang silaturahmi bagi hafiz dan guru-guru agama yang tersebar di berbagai wilayah di Sumbar" terang Syafrizal Ucok yang pada kesempatan tersebut menyerahkan hadiah utama satu unit motor dari Ketua Umum LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar.

Sementara itu Direktur Operasional Padangtv Rita Gusveniza didampingi Manager Padangtv Defri Mulyadi bertekad menjadikan iven Cerdas Quran sebagai agenda rutin Padangtv. 

Berikut daftar pemenang Cerdas Quran Provinsi Sumatera Barat tersebut:

Tingkat SMP

1 .SMP IT Almadhani, Kabupaten  Agam

2 .SMP 7 Padang

3 .SMP IT ICBS Payakumbuh Tim 3

Harapan

1.SMP IT ICBS Payakumbuh Tim 1

2 .SMP IT Dar El Iman Padang

3 .SMP 5 padang

Tingkat SD

1.SD IT Mutiara Tim 1 Kota Pariaman

2 .SD IT Ar Rohman Limapuluh Kota

3 .SD IT Dar El Iman Tim 2  Padang

Harapan

1. UPTD SD 03 Guguk Lapan Koto 50 Kota

2. SD IT Almadhani Lubuk Basung Agam

3. SD IT Andalas Cendikia Tim Satu Dalmasraya. (rel)

 
Top