Faktual dan Berintegritas



PASBAR, SWAPENA -- GoTo, perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) serta komunitas mitra driver Gojek roda dua dan roda empat di Padang menyalurkan bantuan untuk korban gempa Kabupaten Pasaman Barat. Bantuan berupa kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang terdampak gempa itu fidershksn  Selasa (23/3).

Chief Corporate Affairs GoTo Nila Marita dan anggota Executive Board YABB, mengatakan, sangat prihatin terhadap gempa yang terjadi di Pasaman Barat pada akhir Febuari lalu yang mengakibatkan ribuan masyarakat kehilangan tempat tinggal. "Menjelang Ramadhan, kami melihat masih diperlukan pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban gempa. Oleh karena itu, kami menyalurkan bantuan ini untuk membantu para keluarga di Pasaman Barat agar mereka dapat beribadah dengan tenang selama bulan Ramadhan. Kami sadar akan pentingnya kehidupan masyarakat di kemudian hari. Untuk itu kami mengajak semakin banyak pihak untuk berkolaborasi mendukung pemulihan daerah yang terdampak," katanya.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dampak gempa bumi M 6,1 pada 25 Februari 2022 lalu mengakibatkan 103 rumah rusak berat, 5 rumah rusak ringan dan 1.307 unit rumah rusak ringan. Selain itu,  3 unit fasilitas pendidikan rusak berat, 2 rumah ibadah rusak, 1 bangunan fasilitas umum rusak, termasuk beberapa bangunan milik pemerintahan.

GoTo dan YABB menyalurkan bantuan tanggap darurat tersebut secara langsung di Pasaman Barat, untuk didistribusikan ke posko-posko pengungsian yang saat ini masih ditempati oleh 10 ribu jiwa warga terdampak gempa hingga minggu keempat pasca gempa. 

Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto, SE mengucapkan terima kasih atas kepedulian GoTo, YABB dan mitra driver.  “Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas bantuan yang disampaikan. Gerakan  yang dicanangkan GoTo ini sejalan dengan semangat optimisme yang kami  bangun bagi warga terdampak bencana di Pasaman Barat. Kami terima amanah ini dan akan segera kami sampaikan ke warga yang membutuhkan," ucap dia.  

Hal senada disampaikan Ketua PMI Pasaman Barat, Ridawarsa. ”Kami menyampaikan terima kasih kepada GoTo dan YABB atas kepercayaannya bermitra dengan PMI Kabupaten Pasaman Barat dalam mendistribusikan bantuan untuk korban gempa. Semoga ke depannya akan terjalin kerja sama dalam berbagai kegiatan sosial lainnya di wilayah ini," harapnya.


Bantuan GoTo, YABB dan mitra driver tersebut terdiri dari pakaian, obat-obatan, selimut, sabun dan peralatan penunjang kebutuhan higienitas sehari-hari. 

Pemberian bantuan tanggap darurat merupakan bagian dari upaya berkelanjutan gotong royong GoTo untuk  warga terdampak bencana di berbagai wilayah di Indonesia. Sebelumnya, pada di 2021 silam, GoTo bersama YABB juga menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada ribuan korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Tak hanya tanggap darurat, YABB juga membangun kembali sekolah, memberikan bantuan bagi 119 anak-anak PAUD dan 10 guru yang terdampak bencana. 

Di tahun yang sama, YABB bersama GoTo juga memberikan bantuan ‘Back2School’ kepada korban gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. 

Terkait itu, GoTo dan YABB berharap semoga semangat gotong royong dapat mendorong pihak lain untuk bergerak bersama menciptakan dampak yang bermakna bagi masyarakat Pasaman Barat. (rel)

 
Top