Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Gojek, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menggaungkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia "Gernas BBI" dengan Festival Kuliner Sumatera Barat. Ini adalah gelaran pertama secara offline semenjak pandemi Covid-19. 

Kota Padang kali ini menjadi tuan rumah dari gerakan yang menjadi titik penting bagi kebangkitan UMKM yang sudah berlangsung sejak 2020. Ekosistem Gojek dengan GoFood dan GoPay yang ada di dalamnya juga terus berperan menjadi partner utama UMKM Sumatera Barat untuk terus maju dan berkembang.

Selain mempromosikan kuliner Sumbar, festival yang berlangsung 26-27 Maret 2022 itu juga dilaksanakan sebagai bagian menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H. Lewat festival ini, masyarakat di Kota Padang bisa menikmati berbagai pilihan kuliner dari 60 UMKM, 40 di antaranya merupakan UMKM mitra usaha GoFood dan GoPay. 

Selama festival berlangsung , pelanggan bisa menikmati potongan harga dan promo yang diberikan GoFood dan GoPay untuk pelanggannya. Para pengunjung juga bisa menikmati serangkaian acara menarik seperti, lomba kuliner, live cooking, penampilan musik dan stand up comedy. 

Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi mengapresiasi Gojek yang terus mendukung pertumbuhan UMKM go digital di Sumatera Barat. “Gojek melalui ekosistemnya senantiasa  konsisten menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan UMKM secara khusus pelaku UMKM kuliner melalui program Festival Kuliner Sumatera Barat ini. Program ini tidak hanya UMKM untuk bangkit dari keterpurukan sejak pandemi, namun menjadi panggung dalam mendukung promosi budaya lokal melalui kuliner kebanggaan Sumatera Barat. Harapannya kolaborasi ini dapat terus berdampak positif dan membantu pelaku UMKM di Sumatera Barat untuk berdaya dan bertumbuh melalui ekosistem digital," ujar Mahyeldi.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Barat, Yusri, menyampaikan festival ini diharapkan dapat meningkatkan transaksi para UMKM Sumbar agar kembali menggeliat dan bisa mendorong pertumbuhan transaksi UMKM. "Kami mengapresiasi dukungan dan partisipasi Gojek dalam Gernas BBI OJK yang bahkan telah dimulai sebelum program dimulai April nanti. Harapannya Festival Kuliner Sumatera Barat ini menjadi pembuka dan turut serta menyemarakkan Gernas BBI OJK di Sumatera Barat pada bulan April hingga Juni mendatang," harap dia.  

Hal senada disampaikan Ketua Penyelenggara Acara, Wudi Hamdani. “Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kuliner otentik Minang yang mulai tergerus oleh kemajuan zaman. Melihat peran besar Gojek yang selama ini terus memajukan UMKM, kami sangat bangga untuk dapat bersinergi langsung dengan perusahaan karya anak bangsa dengan semangat yang senada," katanya.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengajak seluruh elemen masyarakat bergotong royong mendorong perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19, dengan cara menghubungkan jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia ke platform online yang diluncurkan oleh Presiden pada tahun 2020 lalu. Gojek secara konsisten dan kontiniu telah ikut mendukung dan berpartisipasi dalam Gernas BBI guna mendukung usaha lokal, khususnya UMKM untuk dapat bertumbuh, berdaya saing serta bangkit bersama di tengah keterpurukan pandemi.  

Head of Public Policy and Government Relations Sumatera Gojek, Muhammad Ruslan mengatakan, sejak awal Gernas BBI ini diluncurkan, disadari bahwa semangat dan misi untuk memberikan dampak sosial seluas mungkin bagi masyarakat Indonesia  termasuk menjadi mitra  bagi pertumbuhan UMKM ini sangatlah sejalan. "Dengan demikian, sinergi ini adalah bentuk nyata dari upaya Gojek untuk mensukseskan gerakan ini, dengan cita-cita besar kita untuk menjadikan produk buatan Indonesia menjadi tuan rumah di negara sendiri. Saat ini untuk menyambut Indonesia yang pulih dari Pandemi, Gojek juga terus melakukan upaya-upaya agar UMKM semakin dikenal, Festival Kuliner Sumatera Barat ini lah salah satu bentuknya," sebut dia.

Dikatakan, Gojek terus berupaya menghadirkan solusi inovatif untuk membantu para pelaku UMKM secara teknologi dan non teknologi melalui berbagai inisiatif. Dari berbagai layanan di ekosistem Gojek yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM, hingga pelatihan dan dukungan pengembangan usaha secara konsisten dilakukan untuk memberikan solusi lengkap dan inklusif bagi para pelaku UMKM. (rel)

 
Top