Faktual dan Berintegritas

 


MENTAWAI, Swapena -- Basuni (35) dan Sukardi (42) warga Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai merasa bersyukur sekali, setelah sekian lama kesulitan akses ke ladang dan ke ibukota kabupaten, akhirnya sekarang sudah mulai lega dengan adanya pembukaan akses jalan mencapai 11 km dari Desa Bukit Pamewa ke Desa Betumonge, yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai.

Dengan Pembukaan akses jalan dan pembangunan tiga jembatan, kedua warga ini bersama dengan warga lainnya bisa dengan mudah mencapai ladang-ladang mereka yang dilalui oleh jalan tersebut dengan mengggunakan kendaraan roda dua. Sebelumnya, kawasan tersebut dulunya merupakan rawa-rawa, hutan dan sungai dengan kecuraman tinggi sehingga hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

"Kami sebagai warga sangat berterimakasih sekali. Dengan adanya program TMMD ini kami bisa dengan mudah menuju ke ladang-ladang kami yang berada di wilayah jalan yang telah dibuka ini. Mudah-mudahan dimasa akan datang akses jalan bisa ditambah menuju ke desa lain yang belum tembus, sehingga perekonomian bisa semakin terangkat," ujar Basuni, Kamis (1/4).

Rasa suka cita juga disampaikan oleh warga lain yang mendapat bantuan rehab rumah tidak layak huni yang menjadi bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Selain membangun fisik jalan, jembatan dan rehab rumah, dalam TMMD juga dilaksanakan rehab rumah ibadah serta program non fisik berupa penyuluhan dan pelatihan diberbagai bidang seperti pertanian dan peternakan.

Kegiatan TMMD ke-110 yang telah resmi ditutup, oleh Kasiter Kasrem 032/Wbr, Kol. Kav. Husnizon, Rabu (31/3) tersebut dilaksanakan selama 30 hari di mulai sejak tanggal 2 sampai 31 Maret 2021 dengan melibatkan kerja sama secara guyub personel gabungan TNI-Polri, unsur pemerintahan dan masyarakat. 

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengapresiasi kegiatan tersebut, karena dinilainya sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat dan berdampak baik untuk mewujudkan kesejahteraan serta ketahanan di wilayah Kepulauan Mentawai.

“Terima kasih kepada semua unsur terkait dalam mensukseskan kegiatan TMMD ini. Sehingga masyarakat Mentawai khususnya Desa Betumonge dan Desa Bukit Pamewa dapat merasakan manfaatnya,” kata Yudas, dalam acara penutupan TMMD.

Dalam rangkaian acara penutupan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hasil kegiatan TMMD dari Komandan Kodim (Dandim) 0319/Mentawai, Letkol. Czi Bagus Mardyanto selaku Dansatgas TMMD 110 Kepada Bupati Kepulauan Mentawai. (kmf)

 
Top