Faktual dan Berintegritas


PASAMAN, SWAPENA -- Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi menyerahkan 143.406 kilogram beras bantuan cadangan pangan dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar, bagi 31.868 jiwa masyarakat terdampak gempa Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat (Pasbar), Sabtu (5/3).

Bantuan untuk Kabupaten Pasaman Barat diserahkan gubernur langsung di Posko Utama Rumah Dinas Bupati dan diterima Sekda Pasbar, Hendra Putra. Sedangkan untuk Kabupaten Pasaman diserahkan ke Posko Kecamatan Tigo Nagari, yang diterima oleh Asisten 1 Kabupaten Pasaman, Hasrizal.

"Alhamdulillah hari ini kita menyerahkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah untuk masyarakat terdampak bencana gempa Pasaman dan Pasaman Barat. Kita berharap jangan sampai ada masyarakat yang kekurangan beras. Termasuk juga tenda, selimut serta kebutuhan lainnya," ujar gubernur, didampingi Kepala Dinas Pangan Efendi dan Kepala BPBD Sumbar Jumaidi.

Sebanyak 143.406 kg beras bantuan cadangan pangan tersebut, menurut Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Pangan Sumbar, Donna Gracia Jorie, dibagi untuk Pasaman sebanyak 27,450 kg beras untuk 6100 jiwa. Kemudian 115.956 kg untuk 25.768 jiwa di Pasbar.

"Bantuan ini merupakan bagian dari program tanggap darurat bencana untuk 15 hari," kata Donna.

Sementara itu, dari pantauan MMC di Posko Utama Pasbar dan di Posko Tigo Nagari, bantuan terus berdatangan dari berbagai pihak, baik unsur pemerintah, swasta hingga perantau. Baik berupa bahan makanan, pakaian hingga uang tunai, di antaranya dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah Sumbar, Orari, Ombudsman, Bank Syariah Indonesia, Perantau Pasaman di Pesisir Selatan, dan banyak lainnya. (mmc)

 
Top