Faktual dan Berintegritas

Andree Algamar

PADANG  - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadi cuaca ekstrem sepekan ke depan. Pemerintah Kota Padang mengimbau warganya untuk selalu siap siaga jika terjadi bencana. 

"Diimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lainnya," imbau Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, Kamis (9/11). 

Selain itu, warga diimbau untuk waspada terhadap bencanahidrometeorologi yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang dan gelombang tinggi. Setiap perangkat kerja di Pemko Padang diharapkan untuk menggencarkan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pemahaman serta kepedulian masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi tersebut. 

Sekda Andree menginginkan seluruh warga melakukan penataan lingkungan. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, melakukan gotong royong untuk pembersihan saluran air/drainase, melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh, serta pohon condong yang mengancam. "Serta menguatkan tiang listrik serta plang baliho agar tidak roboh tertiup angin kencang," ujarnya. 

Termasuk mengintensifkan koordinasi, sinergi dan komunikasi antar pihak terkait untu kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometeorologi.

"Untuk komunikasi layanan kedaruratan, warga dapat menghubungi Padang Command Center dengan nomor telepon 112," ajak Sekdako Padang itu. (ch/dkf)

 
Top