Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia 2023 ke-78 dimaknai sebagai semangat perangi kebodohan dan kemiskinan. Hal itu tertera dalam pidato Menteri Sosial yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar dalam upacara peringatan Hari Pahlawan 2023 di Lapangan Apeksi Aia Pacah, Jumat, (10/11). 

Hari Pahlawan Nasional kali ini mengusung tema "semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan". Andree menuturkan tema ini untuk renungan panjang untuk menjawab ancaman penjajahan modern.

"Kita berada dalam pasar yang bebas dengan sumber daya alam yang kaya luar biasa. Tanah yang subur hasil laut yang melimpah, bumi yang menyimpan mineral," kata Andree saat membacakan pidato Mensos RI, Tri Rismaharini.

Kekayaan alam itu akan menjadi tantangan generasi penerus uuntuk mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara. Berbagai ancaman dari dalam dan luar negeri harus ditaklukan dengan bekal dan semangat yang sama seperti para pejuang 10 November. 

"Ini memang tidak mudah, tapi jika kita bersama pasti akan bisa. Pahlawan bangsa membawa nilai kemenangan. Pahlawan kita adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dalam mengutamakan kebenaran," ujarnya lagi.

Pengorbanan pahlawan tiada batas dalam mengutamakan kepentingan bangsa dan negara atau kelompok. Pahlawan mengajarkan generasi penerus bahwa bangsa Indonesia bukan bangsa pecundang.

"Kita tidak akan menyerah sebesar apapun ancaman. Bahkan peristiwa 10 November dengan bekal bambu runcing pahlawan berperang dalam pertempuran," tuturnya. 

Hari Pahlawan 2023, harus dibubuhi semangat berantas kebodohan dan perangi kemiskinan. Hal ini dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di pelosok seluruh negeri. 

"Semangat ini membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Kita bersama bangun usaha ekonomi kerakyatan akan jadikan Indonesia tumbuh dan makin sejahtera," tukasnya.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan 2023 jajaran Forkopimda Kota Padang, Asisten I Setda Pemko Padang Edi Hasymi, Asisten II Setda Pemko Padang Didi Aryadi, Asisten III Setda Pemko Padang Corri Saidan, dan jajaran pimpinan OPD selingkungan Pemko Padang. (kmf)

 
Top