Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, Pemko Padang telah menunjuk tiga Kelurahan sebagai percontohan di Kota Padang. 

Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, tiga kelurahan tersebut adalah Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan dan Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh. "Desa atau kelurahan yang berada di wilayah penyangga kota, pesisir pantai hingga yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, menjadi jalur yang sangat rawan akan peredaran gelap narkoba," katanya. 

Ekos Albar saat membuka acara Penyuluhan Anti Narkoba, Padang, Senin, (27/11) menuturkan tiga kelurahan itu telah dilakukan pembinaan oleh Pemko Padang bekerjasama dengan PT Semen Padang. 

"Kita berharap bisa memberantas setidaknya mengurangi peredaran narkoba di kelurahan tersebut. Kemudia pada tahun-tahun selanjutnya kita akan menambah bahkan kita jadikan seluruh kelurahan Kota Padang sebagai kelurahan yang bersih narkoba," katanya.

Hasil penelitian yang dilakukan BNN pada 2019, diketahui bahwa angka prevalensi penyalahgunaan narkoba 1,8 persen atau setara dengan 3.419.188 jiwa untuk kategori setahun pakai. "Bahkan 2,4 persen atau setara dengan 4.534.744 jiwa untuk kategori pernah pakai yaitu usia 15 sampai 64 tahun," tuturnya.

Ia mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan yang bekerja sama dengan Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kota Padang dalam upaya pemberantasan, Penyalahgunaan narkoba di Kota Padang.

"Selain itu kita juga apresiasi Polresta Padang yang pada 20 Agustus 2023 lalu telah melaunching kampung tangguh kampung bebas narkoba di Rawang Kecamatan Padang Selatan dan akan menjadi duta Sumbar ke tingkat nasional," ucapnya. 

Hadir juga dalam agenda yang diselenggarakan di Youth Center itu Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Padang Tarmizi, Anggota DPRD Kota Padang Yandri atau Ketua LAN Kota Padang,  dan Polresta Padang. (dkf)

 
Top