Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Cabai Merah di Pasar Sawahlunto, Sumatera Barat  semakin "pedas". Tak tanggung- tanggung, harganya mencapai  Rp100.000 per kilogram. 

Pantauan Sabtu (11/11) di Pasar Sawahlunto, cabai merah, merata dijual pedagang sayur-sayuran. Meski begitu, tak tampak permintaan melebihi atau aksi borong dari pembeli dan relatif stabil. 

"Kini cabai merah kami jual Rp80.000-Rp100.000 per kilo. Harga tergantung jenis  dan ukuran cabai," ujar pedagang mengaku bernama  Nesi.

Ia tidak tahu persis penyebab naiknya harga cabai merah. Namun ia memperkirakan karena kemarau panjang, sehingga panennya menurun. Ia pun merasakan tidak banyak mendapatkan cabai dari petani. 

"Karena cabai yang didapat dari petani tidak banyak. Itu pun mahal, sehingga penjualan harus disesuaikan dengan harga pokok pembelian. Kalau cabai yang bagus, kita jual Rp100.000 per kilo," tuturnya. Di harga normalnya, cabai merah dan rawit dijual Rp40.0000 hingga Rp50.000 per kilogram. 

Sebagian besar cabai-cabaian yang ada di Pasar Sawahlunto berasal dari Solok, Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukittinggi. (arm)  

 
Top