Faktual dan Berintegritas


PADANG -- SDN 01 Ampang semakin tacelak, bangunan setinggi 2 lantai tersebut rupanya menerima manfaat program realisasi penataan ruang kelas baru (RKB) Pemko Padang. 

Adapun 10 RKB yang diterima, diresmikan langsung oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa di Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji, Selasa (14/11).

Wali Kota Padang, Hendri Septa, menuturkan pembangunan ruang kelas baru merupakan wujud dari mensukseskan dunia pendidikan di kota Padang. Sebanyak 500 RKB menyebar di seluruh Kota Padang sudah selesai dibangun.

"Ini merupakan tanggung jawab kita sebagai pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang madani basis pendidikan. Semoga komitmen dalam mengoptimalkan pendidikan ini terus konsisten ke depannya," ucap Wako Hendri Septa.

Disebutkan Wako, adapun anggaran yang digunakan dalam pembangunan RKB SDN 01 Ampang dengan 10 RKB, menelan biaya sebanyak Rp 4,4 miliar. "Perlahan kita terus perbarui SMP dan SD Negeri maupun swasta di Kota Padang. Kita harus konsisten dalam mewujudkan semangat belajar siswa yang akan menjadi pempimpin masa depan," tambahnya.

Singgung Wako, sekolah dengan ketinggian sekolah baru setinggi 1,5 meter itu bertujuan mengatasi permasalahan banjir ketika terjadinya hujan.

“Semua sekolah dibangun sesuai dengan kebutuhannya. Seperti SDN 01 Ampang yang butuh dibangun dari awal dengan ketinggian 1,5 meter di atas tanah. Hal itu diharapkan mampu mengatasi permasalahan banjir,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Yopi Krislova, menuturkan bangunan RKB ini memiliki ketinggian lantai mencapai 1,5 meter.

"Alhamdulillah, ini penantian selama satu tahun. Bangunan ini terdiri dari 10 RKB, dilengkapi 8 unit toilet, lantainya setinggi 1,5 meter. Pula dana senilai Rp 4,4 ini juga dilengkapi dengan mobiler," terang Yopi Krislova.

Tambah Kadis, dengan ketinggian itu diharapkan mampu mengatasi permasalahan banjir jika terjadi. Pula dibandingkan dulu, sekolah ini sudah sesuai aturan yang ditetapkan.

“Kalau dulu, lebar ruangan hanya 6x6 meter, namun untuk sekarang sudah sesuai aturan minimal 8x7 meter. Sehingga proses belajar mengajar bisa lebih layak,” tambahnya.

Dengan diresmikannya RKB, Kadis berharap SDN 01 Ampang dapat memotivasi agar lebih baik lagi dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi pelajar.

Selanjutnya Kepala SDN 01 Ampang, Gusnidar, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah merealisasikan 10 RKB di sekolah itu. 

"Tentu kami mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang. Jika hari hujan biasanya sekolah kami kebanjiran, belum lagi mobiler kami yang rusak dan alat peraganya. Namun, dengan adanya bantuan ini, tentu menjadi lebih aman," tuturnya. (dkf)

 
Top