Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 tingkat Kota Padang di Galanggang Balaikota Padang, Rabu, (15/11/2023), Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan Kota Padang siap mentransformasikan mutu pelayanan kesehatan demi Indonesia maju. 

Wali Kota Padang Hendri Septa dalam kesempatan itu menyampaikan harapannya kepada tenaga kesehatan, dokter, perawat, bidan, agar meningkatkan pelayanan kesehatan. 

Sesuai dengan tema, transformasi kesehatan untuk Indonesia maju, diharapkan juga terjadi transformasi pelayanan, transformasi pembiayaan dan penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai.

"Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-59, kita berharap kepada nakes agar terus meningkatkan kapasitasnya dalam melayani pasien. Informasi kesehatan pasien dapat diakses secara mudah," katanya. 

Agenda itu dilengkapi pemeriksaan kesehataan ini disediakan sejumlah rumah sakit, seperti RS Bunda, RSI Siti Rahmah, RSUD Rasidin Padang, dan juga Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tidak lupa, Wali Kota Padang Hendri Septa juga menjalani akupuntur yang disediakan IDI Kota Padang. Begitu juga Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar yang ikut serta dalam pemeriksaan gula darah.

Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, akupuntur, pemeriksaan tumbuh kembang anak, konsultasi gizi dan deteksi dini kanker rahim.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Srikurnia Yati menyampaikan bahwa saat ini Kota Padang terus mengupayakan peningkatan pelayanan. Pelayanan kesehatan dinilai dengan adanya survei akreditasi puskesmas dengan beberapa standar yang harus dipenuhi.

"Saat ini sudah membaik akreditasi kota. Sudah 23 puskesmas yang sudah dinilai surveyor. 20 puskesmas sudah memperoleh hasilnya dari Kementerian Kesehatan. Dari hasil itu, 17 puskesmas memperoleh predikat paripurna, 2 madya, 1 utama," ujarnya. 

Sementara tiga puskesmas lagi belum mendapat hasil survei, yaitu Puskesmas Lubuk Kilangan, Lubuk Buaya, dan Air Tawar. Sri Kurnia Yati menuturkan ini merupakan bukti keseriusan Dinas Kesehatan Kota Padang dalam meningkatkan pelayanan. 

Hadir juga dalam agenda itu, Asisten III Pemko Padang Corri Saidan, Kabag Prokopim Imral Fauzi, Kepala DP3AP2KB Padang Eri Sendjaya. (dkf)

 
Top