Faktual dan Berintegritas

Saat pasien dinaikkan ke ambulans di BIM untuk dibawa ke RSUP M. Djamil, Senin (16/3) pagi. (ist). 

PADANG - Berselang sekitar 13 jam lebih sampai di Tanah Air, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil, Padang, Sumatera Barat, Senin (16/3) sekitar pukul 21.00 WIB. Pasien tersebut paginya baru sampai dari Malaysia via Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya seorang pria penumpang pesawat dari Malaysia tujuan Padang terdeteksi mengalami suhu tinggi, sesak napas dan batuk setiba di BIM sekitar pukul 07.10 WIB, Senin (16/3). Ia turun dari pesawat dengan menggunakan kursi roda dan didorong petugas dari maskapai yang ditumpanginya. Karena terdeteksi demikian oleh alat memindai di BIM, maka penumpang tersebut oleh pihak Kesehatan Pelabuhan (KKP) dirujuk ke RSUP M. Djamil, Padang dengan menggunakan kapsul isolasi.

Pihak RSUP M. Djamil membenarkan  meninggalnya pasien tersebut. Tadi malam jenazah pasien tersebut telah dibawa ke kampung halamannya.

Pejabat Pemberi Informasi RSUP M. Djamil, Gustafianof sebagaimana dikutip Harian Singgalang mengatakan, pasien tersebut berstatus dalam pengawasan. Pada yang bersangkutan ditemukan penyakit ginjal.

Terhadap pasien tersebut sudah ditangani sesuai standar,  dilakukan pengambilan sampel cairan tenggorokannya atau  swap untuk dikirim ke laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta. Karena itu, pihak M. Djamil tidak mau berspekulasi tentang penyebab kematian pasien dimaksud apakah  suspect Covid-19 atau bukan. Sebab belum ada hasil pemeriksaan labor.  (sp)
 
Top