Rinaldi. 

PAINAN - Satu orang  warga Kabupaten Pesidir Selatan dilaporkan positif tertular virus corona atau Covid-19. Gugus tugas penanganan Covid-19 melakukan berbagai langkah  di antaranya menelusuri riwayat kontak pasien.

Update data penanganan penyebaran Covid-19, di Kabupaten Pesisir Selatan, sampai pukul 12. 00 WIB Jumat (27/3)  sebagaimana siaran pers Humas dan Protokoler Pemkab Pessel merinci  orang dengan status notifikasi sebanyak 282 orang. Kenudian orang dalam pemantauan (ODP)  sebanyak 82 orang.

Selanjutnya pasien dalam pengawasan (PDP)  se antak tiga orang dan pasien yang positif satu orang, saat ini dirawat di RSUP M. Djamil, Padang.

"Terhadap yang PDP,  dua orang dirawat di Rumah Sakit M. Djamil Padang dan satu Rumah Sakit M.Zein Painan," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pessel  Rinaldi.

Saat ini gugus tugas dan seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting, di antaranya menelusuri  ke belakang siapa saja yang pernah kontak  dengan pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut.

Dengan adanya warga Pesisir Selatan yang telah dinyatakan positif Covid-19, maka kembali diimbau kepada masyarakat:

1. Tetap jaga jarak (physical distanding), hindari kerumunan.
2. Rajin cuci tangan, apalagi sebelum memakan sesuatu
3. Olah raga teratur dan upayakan berjemur di sinar matahari (sinar ultraviolet pukul 9 sd 11 pagi), sekira 10  sampai 15 menit
4. Konsumsi makanan sehat dan bergizi agar imunitas tubuh meningkat.
5. Kalau badan kurang sehat, usahakan memakai masker
6. Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak

"Dari semua ikhtiar tersebut, tetaplah kita berserah diri kepada Allah SWT dan mari saling bahu membahu agar penyebaran Covid-19 tidak merebak lebih banyak lagi," kata Rinaldi lagi.

Ditambahkan, bupati beserta seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan,  sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang tulus kepada tenaga medis dan semua unsur masyarakat, yang dengan segala potensinya mencurahkan energinya demi masyarakat Pesisir Selatan. "Semoga apa yang dilakukan dapat pahala dari Allah SWT," tutup dia. (rl)
 
Top