Faktual dan Berintegritas

Rinaldi. 

PAINAN - Jumlah warga Pesisir Selatan yang positif tertular virus corona atau Covid-19 bertambah menjadi dua orang. Keduanya  saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil, Padang.

Demikian update perkembangan dan penanganan Covid-19 yang dikeluarkan Bagian Humas Setda Kabupaten Pesisir Selatan siang ini  Senin (30/3).

Perkembangan lain adalah orang dengan status notifikasi juga mengalami peningkatan menjadi 1.139 orang. Sebelumnya 897 orang.

Kemudian orang dalam pemantauan (ODP) juga mengalami kenaikan dari 103 menjadi 107 orang. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) tetap 3 orang.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi mengatakan, tehadap pasien kasus nomor 1 pada  Minggu (29/3) telah dilakukan video call oleh Bupati Hendrajoni bersama Lisda Hendrajoni dengan yang bersangkutan. Pada kesempatan itu, pasien menyampaikan bahwa kondisinya sudah berangsur baik. Dalam kesempatan itu bupati juga memberikan motivasi agar tetap sabar terus bersemangat.

Sehubungan dengan adanya kasus nomor 2, saat ini gugus tugas dan seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting, di antaranya menelusuri  ke belakang siapa saja yang pernah kontak  dengan pasien dimaksud. "Mereka yang pernah kontak dengan kasus nomor dua segera akan diisolasi," ujar Rinaldi.

Sementara itu, terhadap yang 3 orang   PDP tersebut,  dua orang dirawat di Rumah Sakit M. Djamil, Padang dan satu di Rumah Sakit M.Zein, Painan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, besok Selasa (31/3) akan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal dengan menurunkan lima mobil pemadam kebakaran. Kelima mobil damkar tersebut, dua di Painan, masing masing satu mobil di Kecamatan Lengayang, Ranah Pesisir dan Basa Ampek Balai Tapan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni  menginstruksikan camat dan walinagari terus melakukan sosialisasi tentang larangan melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti pesta, syukuran dan kegiatan lainnya. Bila ditemukan agar dikoordinasikan dengan pihak keamanan dan lakukan tindakan pembubaran

"Warga status orang dalam pantuan (ODP) pada hari ini,  Senin mulai masuk ruang karantina di Rusunawa Painan Selatan," kata Rinaldi.

Berkaitan dengan pembatasan selektif di daerah perbatasan, Pemkab Pesisir Selatan, kini sudah menyiapkan lokasi karantina sementara yaitu di batas Bengkulu SMKN 1 Silaut dan di batas Jambi disiapkan SDN 04 Sako. "Saat ini pos perbatasan terdapat sembilan personel, yaitu TNI, Polri dan Dinas Kesehatan masing masing dua orang dan Satpol PP,  Dinas Perhubungan dan BPBD masing masing satu orang," tutup Rinaldi. (sp)
 
Top