Suasana Musrenbang Kecamatan Pancung Soal. (ist). 

INDERAPURA - Masyarakat Kecamatan Pancung Soal memprioritaskan pembangunan normalisasi Batang Panamban dan pembangunan pelabuhan Tluk Pulai, pada tahun 2021 mendatang.

"Normalisasi Batang Panamban sangat mendesak, karena selalu menimbulkan banjir jika musim hujan datang," kata Camat Pancung Soal Yusri Afnidal, pada acara Musrenbang Kecamatan Pancung Soal, Kamis (12/3).

Dikatakan, hampir setiap musim hujan  batang Panamban meluap dan mengakibatkan banjir yang melanda delapan nagari yang ada di Kecamatan Pancung Soal.

"Banjir juga merendam perkebunan dan tanaman petani," sebutnya.

Sementara pelabuhan Teluk Pulai sangat strategis yang sudah lama menjadi harapan masyarakat.

Lebih lanjut, dijelaskan secara keseluruhan pra-Musrembang kecamatan menghasilkan 59 usulan pembangunan untuk tahun 2021.

Dari 59 usulan tersebut, paparnya,  terdiri dari 27 usulan pembangunan pisik, bidang sosial budaya, serta bidang ekonomi masing masing 16 usulan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Ir. Erizon, MT, normalisasi Batang Panamban diperkirakan akan membutuhkan dana besar Rp5 milyar.

"Normalisasi Batang Panamban akan diusulkan kepada Dinas PSDA provinsi dan APBN, mudah mudaham bisa direalisasikan tahun 2021," kata Erizon.

Namun untuk penanggulangan sementara dilakukan pembersihan jaringan dengan memanfaatkan dana APBD sebesar Rp100 juta.

Sementara, pembangunan pelabuhan Teluk Pulai kita akan usulkan dibangun dengan dana APBN dan didukung dengan Provinsi Sumatera Barat. (rn)
 
Top