PADANG - Penerbangan Pesawat Air Asia dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Kualalumpur, Malaysia hari ini, Rabu (18/3) hingga Kamis (19/3) masih beroperasi seperti biasanya, meski Pemerintah Negara Malaysia sudah menetapkan lockdown atau penutupan wilayah. Air Asia akan tetap terbang tiga kali sehari, yakni 08.00 WIB, 11.50 WIB, dan 16.10 WIB dari BIM ke Kuala Lumpur.

Hal itu dibenarkan Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura Cabang BIM, Yos Suwagiono yang dihubungi tadi pagi. “Ini dilakukan untuk bisa mengangkut warga Sumatera Barat yang ada di Malaysia dan warga negara Malaysia yang ada di Sumbar,” katanya.

Sebelumnya diberitakan penutupan penerbangan dilakukan hari ini sejalan dengan diberlakukannya lock down di negara jiran tersebut.

Selanjutnya, penerbangan  Jumat (20/3) hingga Selasa (31/3), penerbangan hanya dilakukan empat kali dalam satu minggu yaitu pada pukul 16.10 WIB saja. Rinciannya, Jumat (20/3), Minggu (22/3), Senin (23/3), Rabu (25/3), Jumat (27/3), Minggu (29/3) dan Senin (30/3). Sedangkan untuk selanjutnya masih menunggu perkembangan.

Soal permintaan Gubernur Sumbar untuk penghentian sementara penerbangan Air Asia dari dan ke Malaysia kepada manajemen perusahaan penerbangan tersebut, EGM tidak mau berkomentar. “Suratnya baru dikirim semalam (Selasa, 17 Maret 2020-Red) jadi mungkin akan diproses,” tukasnya.

Seperti diketahui Pemerintah Negara Malaysia menerapkan lockdown dari dan ke negaranya, karena terus bertambahnya warga mereka yang positif Covid-19. (yn)
 
Top