Faktual dan Berintegritas

Alirman Sori. 

JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS)  mengimbau seluruh perantau Pesisir Selatan, untuk bersatu melawan wabah pandemik corona (Covid-19). Salah satu yang harus diperhatikan adalah arahan pemerintah.

Ketua Umum DPP PKPS H. Alirman Sori mengatakan  arahan dan anjuran pemerintah haruslah dijadikan  pedoman dalam memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut. “Menyikapi situasi penyebaran virus corona atau Covid-19, kami mengimbau seluruh warga perantau Pesisir Selatan untuk memperhatikan anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona,” kata Alirman, didampingi Sekjen DPP PKPS, Doni Harsiva Yandra, di Jakarta, Selasa (24/3) malam.

Untuk lebih efektifnya imbauan tersebut, Alirman Sori menyebutkan  bahwa, DPP telah menginstruksikan kepada seluruh DPW PKPS di seluruh Indonesia untuk meneruskan imbauan kepada seluruh warga PKPS di wilayah masing-masing.

“DPP menginstruksikan beberapa hal terkait imbauan ini kepada seluruh jajaran pengurus DPW PKPS,” katanya.

Ada beberapa poin yang disampaikan DPP PKPS kepada seluruh DPW PKPS. Pertama, seluruh DPW diminta untuk meniadakan atau menunda seluruh kegiatan organisasi yang sifatnya mengumpulkan anggota atau masyarakat banyak. “Tujuannya untuk menghindari terjadinya kerumunan orang yang berpotensi menjadi pemicu penyebaran virus Covid-19 semakin cepat melalui interaksi sosial,” terangnya.

Karenanya, Alirman Sori meminta, penundaan kegiatan itu dilakukan sampai ada petunjuk lebih lanjut dari pemerintah melalui gugus tugas Covid-19.

Kedua, DPP PKPS mengimbau seluruh pengurus DPW untuk aktif mengedukasi warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Penerapan social distancing yang dianjurkan pemerintah harus benar – benar diperhatikan.

Ketiga, DPP PKPS juga meminta DPW untuk selalu memantau perkembangan warga perantau. Apabila ada warga perantau PKPS yang berada dalam kondisi orang dalam  pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) atau sudah dinyatakan positif, untuk segera melaporkan ke DPP.

Sekjen DPP PKPS Doni Harsiva Yandra menambahkan, DPP juga meminta agar DPW meneruskan instruksi dimaksud kepada seluruh DPD di wilayah perantauan masing-masing .

Dengan demikian,  informasi terkait langkah-langkah  antisipasi penyebaran virus Covid-19 semakin berkembang dan dipahami oleh seluruh masyarakat. ”DPP PKPS juga meminta DPW untuk meneruskan instruksi ini ke seluruh DPD di wilayah masing-masing, sehingga langkah antisipasi penyebaran Covid-19 ini akan semakin efektif menjangkau seluruh warga perantau PKPS,” tambah Doni.

Sebelumnya, terkait Covid-19 , pemerintah melalui gugus tugas telah mengimbau masyarakat untuk menerapkan social distancung.

Juru bicara pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan, membatasi jarak antar orang, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah merupakan langkah efektif memutus mata rantai penyebaran virus. (rel)

 
Top