PADANG - Mengantisipasi virus Corona atau Covid-19, Universitas Negeri Padang (UNP) tiadakan perkuliahan dengan tatap muka. Sebagai penggantinya, kegiatan kuliah dilaksanakan dengan sistem online.

Penghentian proses perkuliahan tatap muka itu tertuang dalam surat edaran Rektor UNP yang diterbitkan pada 14 Maret 2020. Pada edaran tersebut rektor memerintahkan para dosen untuk tidak melaksanakan perkuliahan secara tatap muka demi menghindari berkumpul secara massal.

Meski tatap muka dihentikan, namun perkuliahan tetap dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan e-learning yang sudah ada. “Perkuliahan secara online ini akan dilaksanakan sampai satu bulan ke depan. Nanti kita lihat lagi ke depannya,” kata rektor UNP, Prof. Ganefri, PhD dikutip Harian Singgalang.

Perkuliahan secara online di UNP sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Namun baru sampai 50 persen dari seluruh perkuliahan.

Surat edaran itu juga melarang para dosen melakukan perjalanan ke luar negeri dan diharapkan menunda perjalanan luar daerah. Untuk kegiatan yang mengumpulkan massa juga akan ditunda dulu, termasuk pelaksanaan konferensi internasional.

“Pada bulan ini saja, ada enam internasional conference yang kita batalkan pelaksanaannya, sedangkan sampai Juli 2020 ini, ada 27 konferensi internasional yang kita tunda pelaksanaannya, demi mengantisipasi virus ini. Secara total hingga akhir tahun ada 32 internasional conference,” ulasnya.

Sementara untuk 70 dosen yang tengah menempuh pendidikan di berbagai dunia, rektor akan mencarikan jalan ke luar buat mereka, sehingga terhindar dari kemungkinan terjangkit virus corona. (yn)
 
Top