Ibu yang melahirkan di jalan rusak. (detikcom/dok.kades cibarani)

LEBAK - Seorang perempuan bernama Sari terpaksa melahirkan di pinggir jalan yang rusak di Kabupaten Lebak, Banten, Senin (9/3). Sedangkan jarak untuk sampai di Puskesmas Pembantu ada sekitar puluhan kilometer.

Warga Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten itu awalnya mau ke Puskesmas dengan membonceng sepeda motor. Namun, ketika berada di jalan poros desa itu, ban sepeda motor yang ia tumpangi bocor. Saat itu pula Sari merasa tak kuat lagi menahan si janin, dan akhirnya melahirkan di jalan poros desa Cinangka-Cibarani itu, sekitar pukul 13.00 WIB.

Untung saja, saat itu ada sejumlah orang yang lewat. Mereka kemudian memberikan pertolongan seadanya, selanjutnya mencari bantuan untuk membawa sang ibu dan bayi yang dilahirkan ke Puskesmas pembantu.

Kepala Desa Cibarani Dulhani sebagaimana dikutip detikcom, Selasa (10/3) mengatakan, jarak ke puskesmas di pusat kecamatan puluhan kilometer. Di desanya juga belum ada puskesmas pembantu, sehingga membuat warga kesulitan pada akses kesehatan.

Kondisi jalannya rusak dan masih tanah merah. Ada sekitar 2 kilometer yang jalannya sangat memprihatinkan dan sulit dilalui kendaraan. (*)
 
Top