Faktual dan Berintegritas

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto melihat seekor ayam kukuak balenggek yang ikut piala Kapolda Sumbar Cup di Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kabupaten Solok.


SOLOK, Swapena -- Peringati HUT Bhayangkara ke-75 Polda Sumbar gelar lomba ayam kukuak balenggek piala Kapolda Sumbar Cup di Jorong Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Minggu (4/7).

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Asosiasi Pecinta Ayam Kukuak Balenggek (APAKB), bersama Polda Sumbar yang diketuai, Nardi Sumardi, Sekretaris Azrin Kifli Untung dan Pembina APAKB Sumbar, Boy Muftialdi.

Lomba Ayam Kukuak Balenggek dibuka Wakil Bupati Solok, Jon F Pandu dihadiri Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, pejabat utama Polda Sumbar, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, Dandim 0309 Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, Forkopimda kabupaten Solok.

"Lomba in ada tiga variasi, Kelas Boko (minimal kukuak lima lenggek ke atas), Kelas Landik (minimal kukuak tiga sampai lima lenggek) dan kelas jumlah kukuak terbanyak dalam waktu lebih kurang sepuluh menit," kata Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto.

Toni mengatakan, peserta lomba berasal dari komunitas grup pecinta ayam kota dan kabupaten di Sumbar. Dengan jumlah peserta dalam kegiatan lomba sebanyak 650 orang dan tetap mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan.

"Dengan adanya kegiatan perlombaan ayam Kukuak Balenggek ini dapat mempererat tali silaturahmi antar pecinta ayam di Sumbar," ujar Toni.

Toni berharap kegiatan itu diharapkan dapat melestarikan perkembangan ayam kukuak balenggek di masa yang akan datang. (do)


 
Top