Faktual dan Berintegritas


AROSUKA, Swapena -- Selain nekat, maling kotak amal ini juga sangat keterlaluan. Sudahlah yang diembatnya kotak amal masjid  pelakunya tidak pula mengenakan pakaian, cuma pakai celana dalam saja.

Aksi dua orang yang mencuri kotak amal Masjid Ikhlas Arrahman Kayu Aro, Nagari Batang Barus,  Kecamatan Gunung Talang,  Kabupaten Solok, ini terekam CCTV, Minggu dini hari (5/9),  sekitar pukul 04.30 WIB. Dengan bukti rekaman CCTV itulah mereka diciduk Tim Karawai Polres Solok. 

Selain di Kayu Aro, pelaku juga mencuri kotak amal di Masjid Nurul Hidayah Bukit Gompong Nagari Koto Gadang Gugu, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok 

"Benar,  kita sudah mengamanka para pelaku pencurian kotak amal yang beraksi di Masjid Ikhlas Arrahman Kayu Aro yang terjadi Minggu dinihari," terang Kapolres Solok,  AKBP Apri Wibowo, S.I.K  melalui Kasat Reskrim, Iptu Rifki Yudha Ersanda di Lubuk Selasih, Senin (6/9).

Menurut Iptu Rifki Yudha Ersanda, pelaku diciduk setelah anggota polisi mempelajari rekaman CCTV dan juga keterangan dari beberapa saksi. Aksi pelaku sempat viral di medsos,  karena pelaku mencuri kotak amal pada dinihari hanya dengan menggunakan celana dalam saja. 

Adapun para pelaku yang diamankan yakni Inisial RL (15) dan MF (14), keduanya warga Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus.

Penangkapan pelaku berawal bahwa pada pukul 17.00 WIB Tim Karawai Polres Solok setelah kejadian mendatangi TKP mencari informasi keberadaan pelaku. Pelaku akhirnya ditangkap tanpa perlawanan. Barang Bukti yang berhasil diamankan yakni uang sebesar Rp155.000.

"Pelaku akan kita kenakan Pasal 362 Jo 363 KUH-Pidana tentang pencurian," sebut Iptu Rifki Yudha Ersanda.

Hingga berita ini diturunkan,  polisi masih meminta keterangan tersangka,  apakah pencurian yang terjadi di beberapa masjid dan mushalla juga ada hubungannya dengan para tersangka. (jn)

 
Top