PAINAN  - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni membuka musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di Kecamatan Sutera didampingi sejumlah pejabat daerah setempat, Selasa (3/3).

"Hasil musrenbang ini selanjutnya akan digodok di tingkat kabupaten," kata Hendrajoni di sela sela kegiatan di Sutera.

Pada tahun ini, sebutnya, pembangunan di Sutera diarahkan pada pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, pembangunan irigasi dan juga pasar.

"Sebanyak Rp22 miliar anggaran pembangunan digelontorkan untuk Kecamatan Sutera," tuturnya, seraya menambahkan jumlah tersebut terbesar di Pesisir Selatan, dibandingkan kecamatan lain.

Disebutkan diantara pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan tahun ini sebagai berikut, pembangunan jalan dengan total sepanjang 23 Km, pembangunan pasar Sutera, pembangunan puskesmas Kayu Gadang, serta pembangunan irigasi serta beberapa prasarana lainnya.

Menurutnya jalan, irigasi dan pasar merupakan instrumen penting yang mesti dilaksanakan tanpa meninggalkan antara satu dengan yang lainnya karena ketiganya saling berkaitan.

"Semuanya akan dilaksanakan serentak sehingga benar-benar berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat," katanya lagi.

Sementara itu, Camat Sutera, Fachruddin  menyebut secara keseluruhan usulan rencana pembangunan mencapai sebanyak 324 usulan dan selanjutnya setelah digodok usulan mengerucut menjadi 88 usulan.

"Usulan tersebut telah mewakili seluruh usulan pembangunan di Kecamatan Sutera," katanya lagi.

Ditambahkan,  dalam pelaksanaan pembangunan Sutera  dibagi menjadi enam kawasan unggulan, yaitu; perkebunan, Sutera memiliki  3.420 Ha gambir, jumlah ini  terbesar di Sumatera Barat, kemudian potensi perkebunan lainnya,  sawit 3.630 Ha. Kawasan unggulan lainnya, pertanian, peternakan, perdagangan, perikanan dan wisata. (rn)
 
Top