Faktual dan Berintegritas

 

Supardi 

PADANG, Swapena - Sumatera Barat segera memiliki gubernur dan wakil gubernur definitif. DPRD Sumatera Barat segera mengadakan rapat paripurna untuk penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldi 24 Februari mendatang. 

Paripurna penetapan ini dilakukan DPRD  seiring dengan KPU telah melakukan pleno terbuka pengesahan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dengan  SK Nomor 36/PL.02.7-BA/13/KPU-Prov/II/2021,  Jumat (19/2). KPU juga telah menyerahkan hasil pleno tersebut ke DPRD Sumbar pada hari yang sama. 

"Setelah kita menerima hasil pleno ini, maka akan segera dijadwalkan agenda rapat paripurna penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih ini," ujar Ketua DPRD Sumbar, Supardi, setelah menerima jajaran KPU Sumbar yang menyerahkan hasil pleno tersebut. 

Supardi mengatakan, direncanakan rapat paripurna tersebut pada 24 Februari ini. "Kami akan segera melanjutkan surat keputusan pleno KPU Sumbar pada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sehingga secepatnya kita memiliki gubernur defenitif," tegas Supardi.

Menurutnya, DPRD melalui badan musyawarah (Bamus) memang sudah menyiapkan waktu untuk pembahasan keputusan KPU Sumbar ini sejak awal, sehingga memudahkan penyesuaian waktu dengan agenda DPRD lainnya.  

Saat menyampikan hasil pleno pada DPRD tersebut, Ketua KPU Sumbar, Yanuk mengatakan, sesuai aturan, KPU Sumbar wajib menyerahkan hasil pleno penetapan calon terpilih paling lama satu hari setelah ditetapkan. "Karena besok libur, maka kami serahkan Jumat  ini," ujarnya. 

Pada kesempatan itu pula Supardi mengatakan DPRD mengucapkan terima kasih pada KPU Sumbar, karena sudah menyelenggarakan pilkada dengan sukses dan menghasilkan gubernur dan wakil gubernur terpilih. (T2)

 
Top