Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena - Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar menggelar donor darah dan donor plasma konvalesen di Mapolda Sumbar, Kamis (18/2). Kegiatan ini merupakan bentuk bakti sosial dan peringati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Satake Bayu, mengatakan, donor darah ini dalam rangka memperingati HPN tahun 2021. "Ada sekitar 300 personel yang melaksanakan donor darah. Ini diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan," kata Toni.

Kapolda mengatakan, selain donor darah, dalam kegiatan sosial ini juga dilakukan donor plasma konvalesen. "Diambil dari penyintas Covid-19 dengan alat yang ada di rumah sakit. Jadi merupakan kegiatan sosial yang rutin kita lakukan," lanjut dia.

Dikatakan, donor plasma konvalesen merupakan metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang dapat diberikan sebagai obat untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Dari 300 personel yang direncanakan ini sebanyak 232 yang bisa melakukan donor. "Donor plasma 46 orang, yang lulus screening 12 orang. Donor darah ada 138 orang," kata Satake.

Lebih jauh Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, dari 138 pedonor darah, pihaknya berhasil mengumpul 42 kantong darah golongan A, 32 kantong darah golongan B, 9 kantong darah golongan AB dan 55 kantong golongan darah O. "Kita berharap dengan adanya terkumpul sejumlah kantong darah ini, sedikitnya bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah," tutup dia. (dr)

 
Top