Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena - Musim kemarau melanda Sumatera Barat sejak beberapa waktu belakangan. Dinas Kesehatan mengingatkan potensi ancaman penyakit diare.

“Kalau di masa peralihan musim hujan ke musim kemarau, yang menjadi ancaman itu menyakit demam berdarah. Namun, jika musim kemaru ini yang perlu diwaspadai ancaman penyakit diare,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi, Jumat (19/2).

Kenapa penyakit diare? Arry mengungkapkan, faktor penyebab penyakit diare ini salah satunya adalah kekurangan air. Namun, meskipun demikian, hingga saat ini Dinkes Sumbar menurut Arry belum satu pun menerima laporan adanya masyarakat yang terserang penyakit diare secara massal, akibat kekeringan di musim kemarau ini.

Untuk mengantisipasi serangan penyakit diare terhadap masyarakat di musim kemarau ini, Arry meminta seluruh puskesmas yang ada di seluruh daerah, agar tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. “Kita minta agar seluruh puskesmas jangan lengah dengan kondisi kemarau saat ini. Tetap maksimalkan pelayanan kesehatan,” imbaunya. (ys)


 
Top