Faktual dan Berintegritas

 

foto detikcom

JAKARTA - Macet sudah menjadi rutinitas bagi warga kota-kota besar seperti Jakarta. Di tengah kemacetan itu, banyak orang yang diburu waktu, semisal menuju bandara untuk keluarga kota atau urusan bisnis dan lainnya.

Tatkala kemacetan menggurita, maka tak jarang muncul rasa stres bagi sebagian orang. Apalagi menyangkut dengan sejumlah jadwal pertemuan di luar kota. Untuk hal itu, berapapun seseorang mau membayar, asal bisa keluar dari kemacetan tersebut.

Sekarang, ada solusi dari kemacetan, yakni dengan menggunakan taksi terbang atau taksi udara. Dengan transportasi itu, seseorang atau keluarga bisa cepat sampai di bandara.

Sebagaimana dikutip dari detikcom, layanan taksi terbang dimaksud disediakan oleh PT Whitesky Aviation bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II. Saat ini, layanan taksi terbang itu baru tersedia di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng saja, sebagai penghubung antara bandara dengan sekitar 72 titik di Jabodetabek.

"Sekarang kita berada di Cengkareng Heliport, di mana Heliport ini kita bekerja sama dengan Angkasa Pura dalam mengakses, jadi tujuan dari heliport adalah mengakses masyarakat yang ingin menuju airport atau dari airport ke tengah kota dengan mengunakan connecting flight helikopter," ujar President of Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja dalam IG Live AP2 Comes To You bertema 'Taksi Terbang? Emang Ada? Ada!', Jumat (26/2).

Cengkareng Heliport itu berdiri di atas lahan seluas 3 hektare dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari hanggar khusus helikopter, kawasan kantor, fasilitas beserta personel untuk evakuasi medis, 1 shooting point dengan 7 parking stand. Sehingga heliport ini bisa menampung sekitar 40 helicopter sekaligus.

Layanan taksi terbang ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu VIP dan Helicity. Jenis helicopter untuk penumpang VIP ini adalah jenis twin engine. Sedangkan yang Helicity adalah single engine.Helicity untuk 3-4 passenger, kalau untuk charter flight biasanya 4 passenger ke atas sampai 8 passenger," tambahnya.

Untuk tarif taksi terbang beragam, mulai dari Rp8 juta per penerbangan. "Jadi kita sendiri juga punya APP nanti bisa download helicity APP di situ ada range distance dari cengkareng heliport ke 72 titik di Jakarta dan di Jabodetabek range price-nya antara 8 sekitar 20 an (Rp8 juta-Rp20 juta/penerbangan), tapi kalau untuk yang charter flight ya di atas 20 an lah (Rp20 juta) harganya," terangnya. (*)

 
Top