Faktual dan Berintegritas

 


PAINAN, Swapena - Jika tidak ada aral melintang,  Masjid Terapung Samudera Ilahi Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, akan diresmikan Jumat (5/2) depan. Peresmian ditandai dengan pelaksanaan Shalat Jumat.

Kepala Bagian Humas Pemkab Pesisir Selatan, Rinaldi yang dihubungi swapena.com, Senin (1/2) membenarkan rencana peresmian masjid tersebut. "Pada hari tersebut akan dilakukan Shalat Jumat perdana dengan Khatib Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc., M.A," kata Rinaldi mengutip pernyataan Plh. Sekda Pesisir Selatan, Muskamal, SH, M. Si, usai memimpin rapat persiapan peresmian di Painan, Jumat (28/1) lalu. 

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan laporan Plt. Kepala Dinas PUTR, Syahriwan, ST, saat ini  pembangunan masjid terapung sudah selesai 100 % dan siap untuk diresmikan. Rencana semula, peresmian masjid terapung Samudera Ilahi, akan diisi dengan tabliq akbar oleh Ustad Abdul Somad, namun karena  kondisi masih dalam pandemi Covid-19, rencana tersebut terpaksa dibatalkan. 

"Untuk menghindari adanya kerumunan massa, pihak panitia terpaksa membatalkan rencana mengundang UAS," sebut Plh Sekda.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan peresmian masjid terapung Samudera Ilahi nantinya, panitia tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Untuk diketahui, masjid terapung Samudera Ilahi, dibangun di atas lahan seluas  1.795 M2, serta fasilitas yang dibangun antara lain, bangunan inti yakni tempat shalat dengan kapasitas 300 jemaah, selasar, 2 menara setinggi 32 meter dan taman. Masjid yang terletak di objek wisata Pantai Carocok itu dibangun dengan biaya Rp27,5 miliar oleh Pemkab Pesisir Selatan, sebagai upaya mewujudkan pariwisata halal dan membangun ikon baru pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan. (sp)

 
Top