JAKARTA -  Presiden Joko Widodo mengumumkan terdapat dua kasus positif virus corona Covid-19 di Indonesia. Dua pasien terdeteksi adalah warga Depok.

Sontak saja, pernyataan presiden itu menyentakkan dan menimbulkan kecemasan masyarakat seluruh Indonesia. Sebagian sibuk mencari masker dan sebagian lain berbelanja berbagai kebutuhan harian.

Guna menjawab kecemasan masyarakat, sekaligus mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut, pemerintah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan. Dari jumlah sebanyak itu, dua di antaranya terdapat di Sumatera Barat. Keduanya adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP)  dr. M Djamil Padang dan Rumah Sakit Ahmad Muchtar (RSAM)  Bukittinggi.

"Kita punya 100 rumah sakit rujukan, sudah disiapkan. Ini akan diperluas," kata Dirjen Pelayanan Kesehatan, Bambang Wibowo, di Kantor Kemeterian Kesehatan, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (2/3), sebagaimana dikutip detikcom.

Rumah sakit rujukan yang dipersiapkan untuk wabah virus corona sama dengan RS yang ditunjuk untuk rujukan wabah flu burung beberapa waktu lalu. (")
 
Top