Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena -- Wanita tua itu berjalan pelan. Matahari belum sampai di atas kepalanya. Bersama wanita yang membimbingnya, kakinya melangkah ringan ke arah Kantor Camat Lubuk Bagalung, Kota Padang.

Wanita tua itu bernama Dahniar. Umurnya sudah 80 tahun. Ia datang ke kantor itu Sabtu (13/3), karena ada vaksinasi massal yang dilakukan Puskemas Lubuk Begalung di aula kantor camat setempat.  

Setelah mendaftarkan diri untuk divaksin, Dahniar memilih duduk menunggu panggilan. Sementara di meja pendaftaran,  petugas kesehatan nampak berbisik.  

"Ibu Dahniar usianya 80 tahun ya?" tanya seorang petugas kesehatan kepada Dahniar.  

Dahniar mengangguk.  Begitu pula wanita yang mengantarnya.  Dahniar lahir tahun 1941. Wanita cerai mati yang berdomisili di jalan Biduri III, Pegambiran itu nampak masih kuat dan pendengarannya cukup baik.  

Petugas kesehatan di kantor camat kemudian memeriksa kondisi Dahniar. Tekanan darahnya pun diukur.  

"Tensi darahnya normal, 123/80," kata Kepala Puskesmas Pegambiran drg Das Endresva Dewi ketika itu. 

Saat disuntik vaksin, sang nenek terlihat tenang. Tidak ada raut ketakutan yang terpancar dari wajahnya.  Begitu selesai disuntik, Dahniar duduk di kursi yang sudah disediakan.  

"Sewaktu divaksin, kondisi beliau sehat.  Tidak ada keluhan setelah disuntik," kata drg Das Endresva Dewi.  

Kepala Puskesmas Pegambiran itu menyebut bahwa Dahniar merupakan penerima vaksin tertua di Padang. Dahniar juga tidak memiliki riwayat penyakit atau komorbid. Selain pendengarannya masih baik, penglihatan Dahniar juga masih tajam.  

Sisi lain Kepala Puskesmas Pegambiran tersebut mengajak seluruh warga untuk melakukan vaksin. Pihaknya membuka pelayanan vaksin bagi warga setiap harinya. Drg Das Endresva Dewi mengimbau kepada yang belum divaksinasi untuk mendatangi puskesmas setempat.  

"Antusias warga yang ingin vaksin cukup tinggi setiap harinya. Untuk hari ini saja kita sudah memvaksin 125 lebih warga," ungkapnya.  

Vaksinasi di Kantor Camat Lubuk Bagalung tidak saja diikuti warga, tetapi juga ASN di kantor camat dan kantor kelurahan.  Tampak hadir dalam vaksinasi massal itu di antaranya Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Padang Defitra Wiguna, Camat Lubuk Bagalung Wilman Muchtar, dan lainnya. (ch/kmf)

 
Top