Faktual dan Berintegritas

Yosmeri  

PADANG, Swapena --  Dalam rangkaian pengembangan ekonomi masyarakat pesisir dan nelayan kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar telah menyiapkan beberapa program strategis, diantaranya program 1.000 rumpon dan tambak milenial.

Hal ini diungkapkan Kepala DKP Sumbar, Yosmeri disela Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Auditorium Gubernuran, Rabu (10/3/2021).

Dikatakan Yosmeri, program 1000 rumpon merupakan keinginan Gubernur Sumbar, Mahyeldi untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan di kawasan pesisir.

"Sesuai arahan gubernur, untuk peningkatan ekonomi masyarakat pesisir dan nelayan, kita akan siapkan program 1.000 rumpon untuk mendorong peningkatan populasi ikan. Selain itu juga ada program tambak milenial, yaitu tambak-tambak skala kecil yang dikelola masyarakat pesisir," ungkap Yosmeri.

Lebih lanjut diakui Yosmeri, selama beberapa tahun belakangan ini DKP memang tidak lagi melaksanakan program rumpon sebab fokus pada alih teknologi nelayan, yaitu teknologi penangkapan.

"Jadi ketika dua metode ini kita lakukan, hasil tangkapan kita harapkan bisa bertambah dan kesejahteraan nelayan pun meningkat," tambah Yosmeri. (kmf)

 
Top