Faktual dan Berintegritas

 


KASUS Corona atau Covid-19 secara nasional mengalami penurunan. Pihak Satgas Penanganan Covid-19 menyebut ada penurunan sekitar 16 persen.

Di Sumatera Barat penurunan kasus juga terjadi. Dalam sebulan terakhir pertambahan angka positif sudah ada pada dua digit. Padahal sebelumnya senantiasa tiga digit.

Kita tentu bersyukur dengan kenyataan itu. Sebab, sudah satu tahun kita dihantui rasa takut yang pada akhirnya mempengaruhi ekonomi masyarakat, baik lokal maupun nasional. Segi kehidupan lain pun ikut menjadi korban. Anak-anak yang semestinya belajar di sekolah, sekarang tak lagi dapat berinteraksi dengan para pengajar atau kawan-kawan. Mereka hanya berhadapan dengan layar kaca.

Penurunan angka kasus Covid-19 sekaligus angin segar bagi bangsa Indonesia untuk kembali ke kehidupan normal. Setidaknya segala sendi ekonomi sudah bisa bergerak lagi tanpa halangan dan rintangan. Anak-anak sudah bisa kembali ke bangku sekolah dan tidak lagi terpaku di depan komputer.

Hanya saja, penurunan kasus belum terjadi secara merata. Pada sebagian provinsi masih tinggi angka pertambahan kasus Corona. Bahkan ada sejumlah daerah yang harus memperpanjang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, seperti di Pulau Jawa.

Kita tentu berharap penurunan kasus Covid-19 bisa merata di Indonesia, sehingga mobilitas dan sirkulasi penduduk bisa berlangsung tanpa halangan. Begitu terhadap proses kehidupan sosial kemasyarakatan bisa kembali tanpa batas. Warga di satu pulau bisa mendatangi saudaranya di pulau lain, yang pada gilirannya terjadi perputaran uang.

Bagaimana caranya? Masyarakat harus taat pada aturan, terutama mematuhi protokol kesehatan. Di mana saja, semua kita wajib menerapkan hidup dengan senantiasa memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. Di samping itu, jangan sampai berkerumun yang berpotensi terhadap penularan kasus.

Dengan kepatuhan kita terhadap protokol kesehatan, mudah-mudahan angka positif Covid-19 terus turun dan pada akhirnya bebas dari virus mematikan itu. Berikutnya, mari lakukan vaksinasi demi ketahanan tubuh. Tak perlu bimbang dan ragu, pemerintah bersama lembaga terkait sudah menjamin vaksin Corona aman dan halal.

Semoga negeri ini terbebas dari ancaman mutasi virus Corona dan bangsa ini kembali hidup normal. Semoga! (Sawir Pribadi)

 
Top