Faktual dan Berintegritas

Budi Karya Sumadi 

JAKARTA --  Pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021 ini. Meski demikian, Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan lebaran tetap memperhatikan isu strategis yang muncul apabila mudik dilaksanakan.

Hal demikian dikemukakan Menteri Perhubungan,  Budi Karya Sumadi  dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3). Rapat tersebut  membahas sejumlah hal, salah satunya kesiapan transportasi untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2021.

"Bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021, pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang," kata dia dikutip Kompas.com dalam rapat kerja yang dipantau secara daring tersebut.

Ia melanjutkan, tak dilarangnya mudik karena akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Salah satunya, Kemenhub dan Satgas Covid-19 akan berkoordinasi dalam hal tracing kepada masyarakat yang bepergian.

Terkait tidak adanya larangan mudik tersebut, Menteri Budi Karya memprediksi akan adanya lonjakan pergerakan orang. Apalagi, program vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan dengan baik semakin membuat hasrat bepergian masyarakat semakin tinggi. (*)

 
Top