Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena -- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Jumat (19/3). Kunjungan itu guna  memastikan kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia dalam menunjang target percepatan di bidang teknologi informasi (IT). Ini adalah kunjungan ke OPD perdana Wagub Audy sejak dilantik 25 Februari 2021 lalu.

Dalam pertemuan dengan seluruh pegawai di Ruang Command Center Diskominfo, Wagub Audy menjelaskan peran Kominfo yang begitu vital, terutama di era 4.0.

"Diskominfo adalah dinas seksi, sebagai leading sector percepatan IT. Effort penggerak program kerja dimulai dari sini. Untuk itu, dinas ini tujuan pertama yang saya kunjungi setelah dilantik," sebutnya mengawali arahan.

Waktu kerja yang hanya 3.5 tahun terasa begitu singkat. Karenanya, Wagub Audy meminta Diskominfo menyinkronkan seluruh data yang terkoneksi pada satu aplikasi. "Saya telah melihat sistem pemerintahan di beberapa provinsi besar, seperti Jakarta, Jabar dan Sulsel. Semuanya berbasis IT. Tak ada lagi tumpukan map dan kertas-kertas. Betul-betul paperless, efektif dan efisien. Saya ingin Sumbar turut menerapkan hal yang sama. Saya yakin kita pasti bisa dan lebih baik," harap Audy.

Di depan tim IT Diskominfo, Wagub memberi semangat bahwa Sumbar tidak kalah dengan daerah lain yang lebih maju perkembangan IT-nya. "Bonus demografi musti dimanfaatkan. Adek-adek IT adalah generasi milenial dan generasi Z yang dianugerahi intelektual dalam menghasilkan inovasi. Saya yakin, adek-adek dapat menginterpretasikan permintaan tadi," ucapnya optimis.

Sementara kepada pejabat, Audy meminta untuk belajar dan mencontoh ke daerah yang lebih baik pengembangan IT-nya. Ia meminta lebih sering melihat aplikasi atau website yang dimiliki provinsi lain.

"Seringlah menjelajahi portal atau website daerah lain. Jika bagus, kita adopsi. Manfaatkan untuk website kita. Saya ingin website resmi Pemprov Sumbar terbaik di Indonesia," harapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Sumbar, Jasman Rizal mengutarakan kepada Wqagub jika pihaknya telah banyak membangun aplikasi dalam menunjang kinerja pemerintahan. Hanya, pengaplikasian belum optimal.

Sebelum pertemuan, Wagub Audy didampingi Kadis Jasman Rizal terlebih dahulu meninjau setiap ruangan yang ada di area kantor, dimulai dari ruang kerja, ruang IT hingga ruang server.

Setelah berkeliling melihat kondisi perkantoran Dinas Kominfo tersebut, Wagub Audy merasa prihatin melihat kondisi ruangan, baik ruang kerja maupun ruang server yang kurang kondusif. Dengan jumlah staf yang ratusan, tidak didukung dengan ruangan yang representatif. Jumlah staf tidak sebanding dengan besaran ruangan. 

Melihat kondisi ruangan yang kurang kondusif tersebut, Wagub Audy menjelaskan, bahwa sebelumnya Gubernur Sumbar, Mahyeldi telah meminta agar lantai 3 rumah bagonjong dapat dijadikan Ruangan Command Centre serta infrastruktur pendukung lainnya. (kmf)

 
Top