Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- PLN berkolaborasi dengan BIN Daerah Sumbar dan Pemda setempat  gelar Gebyar Vaksinasi Massal di beberapa titik lokasi Kabupaten Pariaman dan Agam. 

Pembukaan gelaran vaksinasi dilakukan pada Kamis (9/12) di Masjid Al-Mubarak Nagari Kasang Padang Pariaman. Hadir dalam pembukaan General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar Toni Wahyu Wibowo, Kepala BIN Daerah Sumbar Hendra, Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono, Sekda Padang Pariaman Rudi Rapenaldi Rilis,  Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Kapolsek Batang Anai Iptu Admaroza, wali nagari setempat dan jajaran Forkopimda.

PLN berkontribusi dengan memberikan dana bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) sebesar Rp500 Juta pada pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Massal. Disebutkan General Manager PLN UIW Sumbar dalam sambutannya, bantuan ini untuk mendukung program Sumdarsin dari pemerintah Sumbar dalam meningkatkan realisasi masyarakat yang mendapatkan Vaksinasi Covid-19.

Total 5.000 dosis Vaksin Covid-19 tersedia untuk didistribusikan kepada remaja hingga dewasa di dua Kabupaten tersebut. PLN percaya pemberian vaksin merupakan solusi efektif dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19. 

Pendataan vaksinasi secara nasional dapat mempercepat pencapaian target herd immunity atau kekebalan kelompok. ‘’Harapannya bantuan ini dapat bermanfaat untuk menekan angka konfirmasi Covid-19, hingga menjadi nol kasus secepat mungkin,’’ sebut Toni.

Gebyar vaksinasi ini juga merupakan upaya PLN dan BIN Daerah Sumbar untuk membantu pemerintah dalam memenuhi target capaian Vaksinasi Covid-19 hingga akhir tahun. Seperti disebut Kabinda Sumbar Henda, "Sesuai dengan arahan  pemerintah, seluruh instansi harapannya bekerjasama untuk membantu target capaian Vaksinasi Covid-19. Target kami hari ini di Padang pariaman tercapai 1200 dosis vaksin tersalurkan."

Sekda Padang Pariaman Rudi berharap, ikhtiar bersama bahu membahu dari berbagai instansi ini bisa menghentikan pandemi Covid-19 yg telah melanda negeri 2 tahun belakangan. "Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan," lanjutnya.

Padang Pariaman merupakan sasaran vaksinasi massal terbesar oleh pemerintah mengingat presentasi pencapaian vaksinasi di kabupaten ini paling rendah di Sumatera Barat. "Untuk itulah kami mengajak seluruh forkopimda, TNI Polri, hingga instansi-instansi lainnya untuj melaksanakan vaksinasi massal dengan menarget desa-desa hingga pelosok desa,'' sebut Rudi.

Diketahui, saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Sumatra Barat mencapai angka 2,548,281 atau 57,80% dan untuk dosis kedua baru mencapai 1,395,543 atau 31,66%. GM PLN Sumbar mengapresiasi seluruh pihak yang berperan dibalik pencapaian tersebut. 

"Kami berada di garda terdepan jika pemerintah dan pihak-pihak lainnya perlu dukungan dalam upaya-upaya percepatan pencapaian tersebut. Ini bagian dari pelayanan PLN agar pandemi segera berakhir, keadaan kembali stabil, dan ekonomi segera pulih,'' ungkap Toni kemudian. (rel)

 
Top