Faktual dan Berintegritas


Berhari-hari bahkan berbulan-bulan disibukkan rutinitas, pasti menimbulkan rasa jenuh. Saat itulah dibutuhkan refreshing atau penyegaran diri.

Banyak cara dilakukan oleh orang perorang untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Mulai dari mengunjungi objek wisata, makan-makan di restoran mewah atau sekadar mengunjungi mal, belanja sambil cuci  mata. Selain itu ada pula yang sekadar jalan-jalan atau raun-raun.

Berwisata oleh sebagian orang dicari tempat yang jauh. Agar sampai di objek yang dituju kadang berbiaya mahal dengan naik pesawat, rental kendaraan. Atau ada pula yang menyewa kapal dan lain sebagainya.



Itu tantu tak masalah bagi yang berkantong tebal, atau yang uangnya mengalir tiap detik. Tapi bagi masyarakat biasa yang membanting tulang dan memeras keringat setiap hari, hanya mampu yang berbiaya murah.

Di Sumatera Barat bejibun objek wisata yang tidak menguras isi kantong. Rata-rata adalah wisata alam. Maklum Sumbar memang punya kelebihan panorama alam yang indah plus aneka kuliner yang enak dan tersohor ke mana-mana.

Bagi masyarakat yang tidak punya waktu panjang untuk berlibur atau uang banyak, ada salah satu objek yang bisa memanjakan mata dan paru-paru. Objek wisata dimaksud adalah kebun strawberry organik di daerah Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Lokasi kebun tersebut berjarak sekitar 65 km dari pusat Kota Padang atau 40-an km dari Kota Solok. Posisinya tak jauh dari Danau Diateh dan bisa diakses dengan semua jenis kendaraan bermotor.

Kebun strawberry organik  tersebut ditata secara profesional. Selain bisa memetik buah strawberry, bagi yang membawa keluarga dan anak-anak juga ada taman-taman menarik di dalam kebun. Ada pula saung dan tempat duduk yang bersih. Bahkan toiletnya juga bersih dengn air yang segar.

Yang sangat penting, udara di kawasan ini  bersih dan sejuk. Bagi yang berminggu-minggu disesaki asap dan polusi udara, di tempat inilah memanjakannya. Hiruplah udara sedalam-dalamnya!



Soal panorama alamnya, wow...! Dari dalam kebun bisa menyaksikan keindahan alam kota kecil Alahan Panjang yang menakjubkan. Ada menara yang dibangun khusus untuk menikmati itu. 

Lalu bagaimana bisa masuk ke dalam kebun? Cukup merogoh kantong Rp10.000 perorang. Bagi yang mau membawa strawberry sebagai oleh-oleh silahkan ditimbang. Tapi awas, tidak boleh memakannya di dalam kebun sebelum halal (dibayar).

Oh ya, sebelum sampai lokasi, mata Anda juga akan dimanjakan pemandangan luar biasa dari hamparan perkebunan teh dan bentangan Danau Diateh nan menawan. Bahkan, bila masih punya waktu bisa menyaksikan tiga danau, yakni Danau Diateh, Danau Dibawah dan Danau Talang.

Ops, tunggu dulu! Masih ada pemandangan yang akan memanjakan mata, yakni hamparan kebun-kebun sayur milik masyarakat di kawasan itu. Nah, tunggu apa lagi, mari manjakan mata dan paru-paru di tempat ini. (Sawir Pribadi)

 
Top